Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Tempat Nongkrong Jakarta Pusat

    Tempat nongkrong di Jakarta Pusat, setiap akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk rehat sejenak. Menghabiskan waktu kumpul bersama teman tidak ada salahnya, lho! Nah, berikut ada beberapa referensi tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang dapat kalian pilih untuk menemani waktu liburan.

    Jenuh beraktivitas di antara gedung pencakar langit? Atau bising dengan hiruk pikuk kemacetan ibu kota Jakarta? Mungkin ini saatnya untuk Anda melipir sejenak ke alam terbuka untuk menghirup udara segar bersama teman, sahabat dan tentunya keluarha.

    Berikut adalah beberapa tempat nongkrong Di Jakarta Pusat yang bisa menjadi referensi untuk untuk bersama teman dan keluarga.

    Stadion Gelora Bung Karno

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Stadion Gelora Bung Karno

    Nongkrong sembari membakar kalori di stadion GBK bisa menjadi pilihan pertama. Berlokasi di pusat Jakarta mudah dijangkau dengan transportasi umum. Area yang luas tentu tak akan membuat Anda pusing berebut tempat nongkrong.  Stadion Gelora Bung Karno memiliki daya tarik tersendiri yang menjadikannya ingin selalu dikunjungi. Apabila sedang berkunjung ke Jakarta tentu saja tidak dapat dilewatkan untuk tidak mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno . 

    Stadion Gelora Bung Karno merupakan komplek olahraga stadiun ini sering digunakan untuk perhelatan Internasional. Alasan menggunakan nama Stadion Gelora Bung Karno untuk menghormati proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Merupaka tokoh pencetus gagasan pembangunan komplek olahraga ini. Fasiitas yang disediakan, diantaranya:

    • Area parkir luas
    • Tempat Istirahat
    • Mushala
    • MCK 
    • dan masih banyak lainnya

    Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Nongkrong di stadion GBK dapat membuat Anda sehat, bahagia, dan ramah di kantong. Sebab Anda tidak perlu merogoh kocek untuk tiket masuk. Tentunya makanan dan minuman disini juga sangat terjangkau ya.

    Monumen Nasional

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Monas

    Referensi tempat nongkrong berikutnya jatuh kepada Monumen Nasional atau biasa disebut Monas. Anda dapat menggunakan KRL dan turun di stasiun Gondangdia untuk mencapai titik lokasi. Nongkrong di monas di malam hari akan terasa sangat syahdu. Setelah masa pandemi berlalu Monumen Nasional kembali dibuka sejak tangga 16 Juni 2022. Tentu saja dengan aturan yang wajib dilaksanakan oleh pengunjung, diantaranya:

    • Pengunjung hanya dizinkan mengunjungi areal taman atau luar tugu monas
    • Monas buka mulai pukul 06.00-16.00 WIB, khusus hari senin tutup digunakan untuk perawatan umum
    • Pintu keluar masuk melalui gerbang LENGGANG di areal Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI)
    • Wistawan wajib menggunakan masker dan memiliki akun Peduli Lindungi
    • Menggunakan handsanitizer 
    • Bagi yang belum vaksin disediakan gerai vaksin yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jakarta berlokasi didekat pintu masuk

    Wisatawan dapat menikmati beberapa spot wisata. Dengan modal 5 ribu rupiah saja untuk tikar duduk Anda dapat menikmati suasana dengan nyaman. Jangan lupa santap kerak telor seharga Rp 15.000 untuk satu porsi. Sangat murah dan tentunya tidak merobek kantong kita ya.

    Taman Menteng

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Taman Menteng

    Taman Menteng dapat menjadi lokasi nongkrong sembari hunting foto. Taman ini banyak dijadikan pilihan para pasangan melakukan foto pre-wedding. Tidak hanya itu, taman ini juga banyak dipilih para pelaku usaha untuk melakukan foto brand dengan konsep outdoor. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau tiket masuk cukup membayar biaya parkir kendaraan pribadi.

    Taman Menteng ialah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusa. Taman yang memiliki luas kurang lebih 29.000 meter persegi yang beridi sejak tahun 2007. Sabelumnya merupaka areal stadion sejak tahun 1920 yang bernama Voetbalbond Indische Omstreken Sport atau V.I.O.S Veld

    Taman Menteng memiliki 1000 tanaman dari 30 jenis berbeda yang telah menghiasi setiap sudut taman. Dengan keindahan pemandangan yang tersedia di Taman Menteng, yang memberikan kesegaran udara Jakarta yang penuh dengan polusi.

    Taman Menteng terbagi menjadi beberapa ruang terbuka, yang sering dijadikan tempat untuk berkumpul beberapa komunitas. Sehingga tidak sedikit komunitas atau organisasi yang melakukan kegiatan disini. Salah satu sudut yang sering digunakan adalah area lapngan futsal dan basket yang tersedia dan dapat digunakan.

    Jalan pedestrian sering dijadikan area jogging atau bersepeda tentu saja tidak perlu khawatir berdesakan dengan yang lain karena area jalan yang cukup lebar. Dan paling ramai berolahraga biasanya diwaktu pagi dan sore hari.

    Suasana nongkrong akan semakin seru dengan iringan para pemain musik jalanan. Mulai dari instrumen gitar, violin, hingga saxophone dapat Anda temukan dengan mudah di Taman Menteng.  Tidak ada biaya yang dipatok untuk menikmati fasilitas umum ini.

    Taman Suropati

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Taman Suropati

    Taman Suropati bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin nongkrong di Jakarta Pusat dengan suasana tenang. Pasalnya, Taman Suropati lebih jarang dikunjungi jika dibandingkan dengan Taman Menteng. Untuk biaya aktivitasnya pun gratis. Kegiatan apa saja sih! yang dapat dilakukan di Taman Suropati:

    • Memberi Makan Merpati
    • Wisata Kuliner
    • Minumen ASEAN
    • Menikmati Malam
    • Berfoto-foto

    Taman ini cocok dijadikan lokasi nongkrong dengan konsep piknik bersama keluarga. Siapkan bekal makanan dan minuman disertai dengan alas duduk. Piknik sore hari tentu akan menjadi sangat berkesan dengan kerabat dekat. Di pagi hari bisa dugunakan untuk berolahraga dengan udara pagi yang segar dan sejuk.

    Twin House Cipete

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Twin House

    Beralamatkan di Jl Cipete Raya menjadikan Twin House banyak dijadikan tempat nongkrong  Lokasi ini merupakan restaurant café dengan halaman hijau yang luas. Anda dapat memesan kopi, snack, hingga makanan utama.

    Twin House Cipete cocok dijadikan lokasi nongkrong di jam makan siang. Lokasi ini juga dapat dijadikan untuk lokasi meeting dan pertemuan dengan klien. Tersedia menu untuk vegetarian seperti Chicken Caesar Salad, Crispy Dori Salad, dan Wafu Salad with Smoked Salmon. Dengan suasanya yang homey banget yang membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di Twin House Cipete 

     Menu andalan yang tersedia mulai dari western hingga fusion yang memadukan cita rasa Indonesia. rice dish yang enak dan tentu saja mengenyangkan yaitu Dori Salsa Matah Rp. 40.000,-. Adapun harga makanan ditawarkan mulai dari Rp 40.000 – Rp 165.000 per porsi. Untuk harga minuman ditawarkan mulai dari Rp 20.000 – Rp 45.000 per gelas.

    Taman Situ Lembang

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Taman Situ Lembang

    Danau buatan yang menjadikannya daya tarik tersendiri yang menjadikan keberadaan danau di pusat kota ini menjadi hal yang langka. Sehingga menjadikan Taman Situ lembang alternatif tempat nongkrong di Jakarta Pusat  yang mencari suasana yang berbeda. Berekreasi disini bisa menjadikan pilihan selain lokasi yang berada dipusat kota dan dekat.

    Pada era tahun 90an Taman Situ lembang sering dijadikan lokasi syuting film WARKOP DKI siapa yang tidak tahu film-film dari Dono, Kasino dan Indro.

    Seperti halnya Taman Menteng Taman Situ lembang tidak memungut biaya alias gratis, siapa sja dapat menikmati dan menggunakan fasilitas umum yang tersedia secara cuma-cuma. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang jika ingin jajan atau membeli minuman.

    Sebelum berfungsi menjadi ruang terbuka hijau, taman ini dahulu penuh dengan pedagang kaki lima. Taman Situ lembang merupakan kawasan perumahan elit Menteng. Saat ini Taman Situ lembang lebih banyak digunakan untuk area olahraga dan bersantai oleh pengunjung.

    Taman Ismail Marzuki

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Taman Ismail Marzuki

    Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu pusat kesenian di Jakarta tepatnya berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Taman Ismail Marzuki sering dijadikan tempat nongkrong anak muda terutama anak kesenian dan mahasiswa seni.

    Taman Ismail Marzuki diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 10 November 1968. TIM dimaksudkan untuk memberikan ruang berekspresi bagi seniman-seniman di Jakarta. Pengelolaan  TIM juga diberikan kepada seniman dan budayawan Ibu Kota

    Di kawasan ini terdapat kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Planetarium Jakarta. Saat ini Taman Ismail Marzuki sedang tahap revitalisasi tetapi masih tetap ramai dikunjungi. Jajanan kaki lim yang tidak pernah sepi pengunjung, bahkan semakin malam malahan semakin ramai. Maka dari itu Taman Ismail Marzuki bisa menjadi tempat berkumpul yang asik dan sangat rekomended.

    Jalan Sabang

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Jalan Sabang Jakarta Pusat

    Bagi mereka yang hobi kulineran alias makan disini menjadi salah satu tempat nongkrong yang wajib dikunjungi, selain memiliki beraneka kuliner lokasi yang sangat strategis menjadikannya favorit untuk dikunjungi. Lokasi ini tepat di Jalan Haji Agus Salim, Sabang, Jakarta Pusat. Sebagian besar tempat makan disini buka sejak pukul 10.00 - 23.00 WIB.

    Surga jajanan Jalan Sabang Jakarta, sepanjang jalan ini banyak sekali penjual makanan maupun minuman. Sangat tidak mengherankan tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong ataupun hanya sekedar makan.

    Selain harga yang sangat terjangkau, kuliner disini cukup lengkap.Mulai dari aneka kukliner Mie Ayam Tegal Laka-laka, Sate Kampung Lima, I-Ayam Geprek Sabang, Soto Ceker Sabang dan masih banyak lagi.

    Sophaus Menteng

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Sophaus Menteng

    Tempat nongkrong satu ini memiliki spot yang instagrammable, Sophaus Menteng menjadikannya salah satu tempat nongkrong di Jakarta Pusat. Di Sophaus Menteng terdapat beberapa cafe dan restoran seperti Namelaka, Gelato Secrets, Berywell dan lain-lain.

    Memang ditempat ini tergolong tidak murah, minimal kita harus bersedia mengeluarkan uang minimal Rp. 100.000,- tetapi itu semua terbayarkan dengan tempat dan spot yang ok serta instargammable.

    Menu-menu makanan di Sophaus Menteng yang terdapat di cafe dan resto Namelaka, Gelato Secrets, Berywell. Harga menu di tempat tersebut berkisar Rp. 100.000 - 150.000,-. Sangat worth it dengan tempat yang nyaman dan tentunya yang instargammable.

    Selain itu ada juga cafe dan restoran seperti Sabang16, Atjeh Connection, Kopi Oey, Saudagar Kopi, Mokapot Coffe Talk dan lain-lain.    

    Dukuh Atas TOD

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Dukuh Atas

    Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas, memilki tempat menarik yang dapat dikunjungi. terdapat bangunan baru yang modern dan masih dalam pengembangan. Tak jarang tempat ini dijadikan tempat nongkrong.

    Serambi Temu Dukuh Atas salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh pesepeda. Tersedia fitur sepeda berbagi (Bikie Sharing,. rak sepeda, serta jalur khusus dan akses sepeda di jembatan antarstasiun akan mendorong pergerakan yang lebih nyaman serta gaya hidup yang lebih aktif dan sehat bagi masyarakat. Salah satunya ialah Jembatan Penyeberangan Multiguna atau disebut Serambi Temu Dukuh Atas.

    Jembatan sepanjang 265 meter ini akan menghubungkan Stasiun LRT Jabodebek di sisi selatan Waduk Setiabudi Barat dan Stasiun KCI Sudirman. Jembatan ini akan melintasi kali Banjir Kanal Barat. Fiturnya terdiri dari akses sepeda, elevator, tangga, lift, hingga gerai komersial. Selain Serambi Temu Dukuh Atas, area TOD pertama di Jakarta ini juga akan dilengkapi dengan bangunan transport hub atau Simpang Temu Dukuh Atas

    Di areal ini terdapat lokasi yang dapat dijadikan tempat nongkrong seperti Riverside Walk, Terowongan Kendal, Taman Stasiun BNI City dan Spot Budaya Dukuh Atas. 

    Transportasi umum ke lokasi ini tentu sangat mudah. Pengunjung dapat menaiki MRT ataupun transjakarta. Disini akan semakin ramai ketika jelang malam hari atau akhir pekan.

    Air Mancur Senayan

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    Air Mancur Senayan

    Taman Air Mancur Sentral Senayan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengujung di Jakarta Pusat. Hal ini dikarenakan adanya pertunjukan air mancur yang menari-nari mengikuti irama musik yang sedang diputar.

    Tak jarang tempat ini pun menjadi spot foto bagi bengunjung yang mau bereksis ria. Ada juga tempat hiasan lampion dengan boneka berkarakter yang digantung sehingga menarik perhatian pengunjung anak - anak yang datang.

    Lokasi ini terdapat di dekat Plaza Senayan Jakarta. Terdapat area terbuka yang sangat luas dan dapat dengan mudah menikmati keindahan air mancur. Terdapat bangku-bangku yang dapat digunakan oleh pengunjung dan sangat cocok dijadikan untuk tempat nongkrong.  

    JPO "Kapal Pinisi"

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler
    JPO Kapal Pinisi

    Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Kapal Pinisi menjadikannya spot baru  tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang kini ramai dikunjungi. Tempat yang asik dan tentunya sangat instagramable menjadikannya daya tarik tersendiri. 

    Disini pengunjung dapat berfoto-foto sambil menghabiskan waktu di sore hari bersama teman atau pacar. Jembatan ini baru diresmikan pada bulan Maret 2022. Pada dasarnya jembatan ini dibangun untuk sarana penyebrangan dan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat melihat kota Jakarta.

    Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Kapal Pinisi berlokasi di Jalan Sudirman, Karet, Jakarta Pusat.

    Masjid Istiqlal

    Tempat Nongkrong Di Jakarta Pusat Terhits dan Terpopuler

    Masjid Istiqlal

    Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara, yang kian megah setelah direnovasi. Siapa sangka, butuh waktu lama bagi umat Islam untuk memiliki sebuah masjid agung di ibukota Jakarta. Keinginan itu sudah muncul pada masa kolonial Belanda. Saat itu masjid hanya terdapat di kampung-kampung dalam ukuran kecil dan sederhana. Namun, keinginan itu jelas tak mungkin terwujud.

    Masjid terbesar di Asia Tenggara ini juga bisa menjadi tempat nongkrong religi di Jakarta Pusat. Bahkan ada beberapa pendatang yang berasal dari luar Jakarta.

    Masjid Istiqlal akhirnya diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978. Sebuah masjid lambang kemerdekaan dan persatuan rakyat Indonesia telah berdiri. Berdirinya bangunan megah dua agama yang bersebelahan menunjukkan Bhineka Tunggal Ika.

    Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia dan berbagai kegiatan seperti pengajian, tabligh akbar, dan perayaan hari besar Islam. Masjid ini juga menjadi destinasi wisata yang terkenal di Jakarta.

    Pengunjung bisa nongkrong sekaligus berwisata religi atau menunggu waktu shalat dengan membaca Al quran. Masjid ini juga telah membuka kegiatan buka puasa bersama untuk umum setelah ditiadakan tahun lalu.

    Masjid Istiqlal berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

    Selama puluhan tahun, Masjid Istiqlal telah menjadi tempat bersatunya umat yang penuh kasih, saling menghargai, dan bertoleransi antar sesama bangsa Indonesia.

    Itulah beberapa daftar referensi tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang murah meriah dengan suasana yang nyaman dan bersahabat. Semoga bermanfaat, membantu  dan menjadi referensi bagi Anda, ya.