Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daya Tarik Taman Menteng Jakarta

    Taman Menteng
    Taman Menteng Jakarta

    Daya Tarik Taman Menteng Jakarta Pusat, taman berlokasi di Jakarta  memang memiliki daya tarik tersendiri hingga membuat para pengunjungnya merasakan kenikmatan dan ingin berlama-lama. Taman yang berada di area kawasan perumahan elit Jakarta Pusat yang diresmikan sejak pada bulan April 2007 oleh Gubernur Sutiyoso. Taman ini mempunyai fungsi sosial yakni sebagai fasilitas umum dengan fungsi pendidikan, rekreasi, serta olahraga.

    Taman Menteng ialah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusa. Taman yang memiliki luas kurang lebih 29.000 meter persegi yang beridi sejak tahun 2007. Sabelumnya merupaka areal stadion sejak tahun 1920 yang bernama Voetbalbond Indische Omstreken Sport atau V.I.O.S Veld

    Taman yang dapat dijadikan lokasi nongkrong sembari hunting foto. Taman ini banyak dijadikan pilihan para pasangan melakukan foto pre-wedding. Tidak hanya itu, taman ini juga banyak dipilih para pelaku usaha untuk melakukan foto brand dengan konsep outdoor.

    Taman ini memiliki 1000 tanaman dari 30 jenis berbeda yang telah menghiasi setiap sudut taman. Dengan keindahan pemandangan yang tersedia di Taman Menteng, yang memberikan kesegaran udara Jakarta yang penuh dengan polusi.

    Taman yang terbagi menjadi beberapa ruang terbuka, yang sering dijadikan tempat untuk berkumpul beberapa komunitas. Sehingga tidak sedikit komunitas atau organisasi yang melakukan kegiatan disini. Salah satu sudut yang sering digunakan adalah area lapngan futsal dan basket yang tersedia dan dapat digunakan.

    Jalan pedestrian sering dijadikan area jogging atau bersepeda tentu saja tidak perlu khawatir berdesakan dengan yang lain karena area jalan yang cukup lebar. Dan paling ramai berolahraga biasanya diwaktu pagi dan sore hari.

    Suasana nongkrong akan semakin seru dengan iringan para pemain musik jalanan. Mulai dari instrumen gitar, violin, hingga saxophone dapat Anda temukan dengan mudah di Taman Menteng.  Tidak ada biaya yang dipatok untuk menikmati fasilitas umum ini.

     Fasilitas Taman Menteng Jakarta

    Di taman ini terdapat berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin bersantai di taman. Berikut ini fasilitas-fasilita yang tersedia:

    1. Gedung Parkir

    Taman Menteng
    Gedung Parkir Taman Menteng

    Tersedianya gedung parkir yang luas yang memiliki 4 lantai, yang dikhususkan untuk area parkir sehingga pengunjung tidak perlu takut dan bersusah payah mencari parkir kendaraannya. Di area ini terdapat toilet dan mushala nyaman yang dapat digunakan, lantai atas atau roof top yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan Jakarta.

    2. Jogging Track

    Taman Menteng Jakarta
    Taman Menteng Jakarta

    Untuk yang hobi olahraga lari di sini disediakn jalur atau joging track yang selalu dapat digunakan dengan nyaman.

    3. Rumah Kaca 

    Taman Menteng Jakarta
    Taman Menteng Jakarta

    Terdapat 2 gedung yang terbuat dari kaca serta biasanya dipakai sebagai tempat untuk pameran lukisan dari para seniman Indonesia, khususnya seniman di kawasan Menteng. Di rumah kaca juga suka diadakan acara pameran foto dan juga kegiatan theater.

    Sebenarnya fungsi utama dari pembangunan rumah kaca bertujuan untuk dijadikan sebagai tempat pembibitan beragam macam tanaman. Seiring berjalanannya waktu  rumah kaca ini dialihfungsikan sebagai tempat untuk pagelaran seni.

    Dan yang lebih menariknya lagi, untuk pengunjung yang ingin melihat karya seniman Indonesia ini tidak akan dipungut biaya alias gratis.

    4. Lapangan Basket

    Taman Menteng Jakarta
    Taman Menteng Jakarta

    Lapangan basket menjadi salah satu fasilitas favorit, yang menjadikannya selalu ramai di waktu sore hari. Karena banyak sekali kaula muda yang bermain ataupun hanya sekedar nongkrong. Dengan kondisi lapangan basket yang sangat terawat. Eits, lapangan basket ini dibuka untuk umum setiap hari Senin - Jum'at dan hari Sabtu - Minggu digunakan oleh tim Basket Menteng.

    5. Lapangan Futsal

    Taman Menteng Jakarta
    Taman Menteng Jakarta

    Disisi utara taman menteng terdapat 2 lapangan futsal yang dapat digunakan secara gratis. Apabila teman-teman yang ingin menggunakan harus berkoordinasi dengan pihak pengelola taman menteng agar tidak terbentur dengan pengguna atau tim lain yang ingin menggunakannya.

    6. Area Bermain Anak-Anak

    Taman Menteng Jakarta
    Taman Menteng Jakarta

    Bermain sebuah taman tentu saja tidak lengkap jika tidak membawa keluarga. Bagi teman-teman yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil bermain di sini tidak akan membosankan, karena di sini terdapat aren bermain anak-anak. diantaranya ayunan, perosotan, serta jembatan kayu dengan tali. Dan kondisi taman juga sangat bersih, sehingga kalian tidak perlu ragu dan khawatir untuk bermain di dalam kawasan taman.

     7. Spot Prewedding

    Taman Menteng Jakarta
    Prewedding Taman Menteng

    Taman Menteng dengan keindahan dan keunikannya, banyak sekali pasangan pengantin yang memanfaatkannya untuk melakukan foto prewedding.

    Dengan fasilitas yang lengkap dibandingkan taman lain yang berada di Jakarta. Taman menteng sering dijadikan para calon pengantin untuk melakukan foto prewedding disini. Selain itu, teman-teman yang ingin melakukan foto prewedding disini tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias GRATIS.

    oleh sebab itu banyak sekali yang mengunjungi taman menteng, selain memiliki fasilitas taman kota yang sangat lengkap dan mudah untuk dijangkau karena memiliki lokasi yang sangat strategis.

    Fasilitas lainnya yang disediakan di taman ini:

    • Tempat Nongkrong
    • Kolam Ikan dan Air Mancur\
    • Wifi Gratis
    • Toilet
    • Tempat duduk
    • Spot foto
    • Security

    Tiket Masuk Taman Menteng   

    Teman-teman tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk dapat menikmati ata tiket masuk ke taman ini. Teman-teman hanya perlu mengeluarkan biaya parkir saja setiap kali ingin mengunjungi taman ini, itupun bagi yang mebawa kendaraan probadi. Eits, jangan lupa ya disekitaran taman ada area parkir liar dengan tarif yang flat, tetapi sangat disarankan untuk parkir ditempat atau gedung parkir yang disediakan agar tidak menghalangi jalan.

    Lokasi & Jam Operasional  

    Taman menteng yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto RT/RW 3/5, Menteng, Kecamtan Menteng, Kota Jakarta, DKI Jakarta.

    Taman menteng buka setiap hari mulai pukul 05.00 - 23.00 WIB.

    Taman Menteng Jakarta


    Tips-Tips Di Taman Menteng

    Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan jika ingin mengunjungi Taman Menteng: 

    • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada waktu pagi dan sore hari.
    • Mentaati seluruh peraturan yang ada di tempat wisata.
    • Apabila kalian datang dengan membawa anak – anak, pastikan tidak jauh dari jangkauan kalian.
    • Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
    • Membawa bekal dari rumah jika hendak piknik di area taman menteng dan tentunya akan jauh lebih hemat.
    • Membawa uang cash secukupnya.
    • Mengenakan pakaian nyaman.

    Dengan akses yang sangat mudah, yang menjadikannya taman kota yang banyak diminati. Bahkan bagi teman-teman yang tidak membawa kendaraan pribadi. Dengan rute kendaraan umum yang mudah diakses menggunakan Transjakarta dan turun di halte Taman Menteng.  Taman ini tidak terlalu jauh dari Bundaran HI sehingga tidak sulit untuk mencarinya. sehingga menjadikannya tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang wajib teman-teman kunjungi. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan di taman ini menjadikannya taman yang terbaik yang berada di Jakarta Pusat.

    Post a Comment for "Daya Tarik Taman Menteng Jakarta"