Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Suropati Wisata Gratis Di Jakarta

    Taman Suropati
    Taman Suropati Jakarta

    Taman Suropati wisata gratis di Jakarta pusat. Taman yang terkenal bukan hanya karena keindahanya tetapi juga sejarahnya. Sebelumnya taman ini bernama Burgemeester Bisschopsplein dinamakan sesuai dengan nama walikota Jakarta yang bernama G.J. Bisshop pada tahun 1916-1920, kemudian berganti nama menjadi Taman Suropati setelah Indonesia merdeka.

    Taman Suropati disebut juga  “Taman persahabatan Seniman ASEAN” dikarenakan seniman dari 6  negara ASEAN (Thailand, Indonesia, Singapore, Malaysia, brunei Darussalam dan philiphina) menyumbangkan karya-karya mereka  berupa kesenian patung-patung yang kemudian dijadikan monumen. Setiap seni patung memiliki motonya masing-masing yaitu patung hasil sumbangan seniman Thailand diberi moto Fraternity (persaudaraan), Indonesia dengan Peace (perdamaian), Singapore dengan Spirit of Asean (Semangat Asean), Malaysia dengan Peace Harmone and one, Brunei Darussalam dengan Harmony (keharmonisan) dan Philiphina dengan Rebirth (kelahiran kembali) pengunjung dapat melihat dan menikmati ke 6 patung tersebut yang berdiri kokoh didalam taman tersebut.

    Taman ini yang bertemakan tropis, dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Arsitek taman in berasal dari Belanda yang bernama PAJ Mooejen dan FJ Kubatz pada tahun 1913. Taman yang dilengkapi dengan kesenian patung beserta air mancur dan dipayungi dengan pohon-pohon mahoni. Dengan adanya pohon-pohon yang besar dan rindang yang memberikan keteduhan bagi pengunjung. Bunga teratai yang terawat dengan baik menghiasi taman sehingga menambah keindahan yang sedap dipandang.

    Banyak objek penting dan menarik disekitar Taman ini yang dapat dilihat dan dinikmati. Seperti disebelah kanan dari Taman Suropati terdapat rumah Dinas Wakil Presiden RI, diseberang taman terdapat rumah Dinas Duta Besar Amerika Serikat, rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta terletak disebelah utara dan Museum Naskah Proklamasi yang berjarak 50 meter dari Taman Suropati. Pedagang keliling yang brkeliling tanpa membawa dagangannya. Mereka hanya menawarkan aneka jenis minuman ringan , kopi panas, Indomie, siomay dan batagor. Pengunjug dapat dengan muda memesan walaupun pengunjung sedang berolahraga atau bermain di Taman Suropati Jakarta. 

    Taman ini jugas sering dijadikan tempat berkumpulnya berbagai macam komunitas, seperti komunitas pencinta musang, anjing, dan komunitas pencinta sepeda. Dengan suasana yang nyaman dan sejuk, taman ini juga sering digunakan untuk berlatih musik. Salah satu taman yang cocok dijadikan tempat nongkrong di Jakarta Pusat 

    Tiket Masuk Taman Suropati Jakarta

    Ada beberapa taman di Jakarta Pusat tanpa harus membeli tiket alias gratis salah satunya Taman Suropati. Sebelumnya kami membahas Taman Menteng Jakarta Pusat yang juga tanpa harus membeli tiket alias gratis. Selain bebas tiket alias gratis kelebihan lain yang menjadi daya tari warga jakarta dan sekitarnya, taman ini terletak di samping kantor kementerian PPN/Bappenas dengan tersedianya berbagai macam fasilitas, seperti adanya bangku panjang, pepohonan yang rindang, air mancur di kedua sisi kanan dan jogging track. Dengan adanya ornamen-ornamen yang menyerupai tugu dan patung yang terbuat dari semen dan batu yang semakin memperindah taman

    Aktivitas Dan Fasilitas Di Taman Suropati

     Terkadang ketika ingin mengunjungi sebuah teman mungkin tersebit mau ngapain ya disana? apa hanya jalan-jalan kaki saja duduk dan jajan? yang mungkin akan membuat kita cepat bosan dan akhirnya tidak ingin kembali. EITS, tunggu dulu berbagai macam fasilitas dan aktivitas dapat dilakukan di taman ini, dianataranya:

    1. Menumen ASEAN 

    Taman Suropati
    Salah satu Monumen di Taman Suropati

    Di taman ini terdapat monumen ASEA yang dibuat oleh seniman dari masing-masing negara ASEAN. Negara-negara tersebut ialah Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Yang menjadikannya simbol persahabatan ASEAN.

    2. Menikmati Pentas Musik

    Taman Suropati
    Taman Suropati

    Tahu ga sih Taman Suropati memiliki tim Chamber yang beranggotakan sekitar 100 orang dan sering bermain di taman ini.

    Setiap Sabtu malam alias malam minggu, teman-teman dari musisi selalu menghibur terkadang hingga pukul 12 malam dengan alunan biola, petikan gitar yang harmoni  dan paduan suara yang menenangkan. Selain teman-teman dari chamebr ada juga pengamen yang berkeliling menjajakan suara merdu mereka.

    3. Olahraga

    Taman Suropati
    Taman Suropati

    Dengan adanya jogging track teman-teman bisa menafaatkanya untuk berolahraga. Selain olahraga berlari, dengan taman yang luas ini, dapat digunakan untuk beryoga loh. Diwaktu-waktu tertentu suka ada yoga gratis. Tentunya akan dipandu oleh instruktur yoga yang berpengalaman.

    4. Hunting Foto

    Taman Suropati
    Hunting foto di Taman Suropati

    Bagi teman-teman yang memiliki hobi foto ataupun sedang belajar, disni teman-teman dapat hunting foto. Terdapat berbagai sudut yang instagenic yang dapat dijadikan objek foto. Pemain musik dan merpati dapat teman-teman abadikan dengan lensa kamera yang dimiliki. Hampir di semua sudut di taman ini dapat dijadikan objek foto.      

    Eits, tapi teman-teman harus berhati-hati agar jepretan teman-teman semua tidak sampai mengenai bangunan atau rumah dari duta besar Amerika Serikat yang terletak disebalah barat taman. Alasan privasi atau keamanan untuk rumah dinas tersebut siapapun dilarang untuk mengambil gambarnya.

    Jika teman-teman melanggarnya siap-siap saja berurusan dengan petugas keamanan rumah dinas tersebut.

    5.Memberi Makan Burung Merpati

    Taman Suropati
    Kegiatan di Taman Suropati

    Siapa bilang memberi makan burung merpati hanya dapat dilakukan di luar negeri. Di Taman Suropati teman-teman dapat melakukannya, terdapat banyak burung merpati yang berkeliaran bebas di area ini. Apalagi ketika membawa keluarga dan mengajarkan anak-anak kita untuk dapat berbagi dan tidak takut terhadap binatang. Kegiatan ini akan sangat menggemberikan bagi anak-anak

    Lokasi Dan Alamat Taman Suropati

    Taman Suropati
    Malam di Taman Suropati

    Lokasi yang sangat strategis dan  mudah dijangkau yang berada di Jalan Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Sangat disarankan bagi teman-teman yang ingin datang ke taman ini menggunakan transportasi umum seperti  Transjakarta dan lainnya.

    Bukan melarang untuk membawa kendaraan pribadi tetapi belum adanya area parkir yang memadai hingga akan menyulitkan teman-teman harus mencari are parkir yang jauh. 

    Taman Suropatu juga sudah difasilitasi dengan halter Transjakarta. Jadi teman-teman bisa langsung turun di halte dan langsung berada di Taman Suropati.

    Tak perlu takut ketika ingin mengunjungi Taman Suropati di malam hari karena lampu-lampu penerangan yang berada di sekitar taman akan secara otomatis menerangi taman dan menyala mulai pukul 17.54 WIB. Tentu saja tidak akan kelaparan dan ke hausan karen ketika malam haripun banyak pedang yang membuka lapar dagangan mereka. 

    Taman Suropati bisa dijadikan teman-teman sebagai referensi tempat nongkrong di Jakarta Pusat. Selain gratis teman-teman dapat belajar sejarah, berolahraga dan tentunya mendengarkan musik yang akan menenangkan pikiran setelah berjibaku dengan kegiatan sehari-hari.

    Post a Comment for "Taman Suropati Wisata Gratis Di Jakarta"