Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Situ Lembang Jakarta Pusat

    Taman Situ Lembang

    Taman Situ Lembang Jakarta Pusat yang sudah ada sejak tahun 1918, yang menjadikannya salah satu taman tertua yang berada dijakarta. Taman yang cukup berdekatan dengan  Taman Suropati. Asal nama dari situ lembang itu sendiri karena berada di Jalan Lembang yang mengitarinya.

    Danau yang terdapat di taman ini merupakan danau buatan. Dengan adanya danau di tengah taman yang menjadikannya  daya tarik tersendiri. Karena danau yang berada di pusat kota Jakarta pusat itu sangat langka. Sehingga menjadikannya alternatif bagi masyarakat ibu kota untuk berekreasi dan menikmati suasana yang berdeda

    Taman Situ Lembang ialah sebuah ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di Area Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini bermula dari waduk Kali Cideng yang mengalami penataan. Danau ini sudah ada sejak tahun 1918, sehingga menjadikannya salah satu taman tertua di Jakarta. 

    Seperti yang kita ketahui, yang tingganl dan bekrja di wilayah perkotaan pasti akan selalu membutuhkan ruang segar untuk dapat menenangkan pikiran dari padatnya lalu lintas perkotaan. Karena itu, taman yang satu ini selalu ramai dikunjungi tidak hanya saat hari libur saja tapi hari-hari biasa juga.

    Eits teman-teman jangan sampai tertukar dengan Situ Lembang yang berada di Lembang, ya. Danau ini sudah ada sejak masa pendudukan Belanda sebagai reservoir Kali Cideng. 

    Sebelum berfungsi menjadi ruang terbuka hijau, taman ini dahulu dipenuh dengan pedagang kaki lima. Saat ini Taman Situ lembang lebih banyak digunakan untuk area olahraga dan bersantai oleh pengunjung.

    Taman Situ Lembang

    Tiket Masuk Taman Situ Lembang

    Sama halnya dengan Taman Menteng dan Taman Suropati, taman ini juga tidak memungut biaya atau tiket masuk alias gratis dan menjadikannya salah satu tempat wisata gratis di Jakarta.

    Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan teman-teman di Taman Situ Lembang Jakarta.

     

    Situ Yang Multifungsi

    Ada banyak daya tarik yang dapat kita temukan saat berada di Taman ini. Yang pertama adalah sebuah situ atau danau yang multifungsi. Sehingga perlu diketahui, danau di Situ Lembang ini tidak hanya berfungsi untuk danau saja melainkan juga penyejuk. Teman-teman dapat menemukan banyak pepohonan rimbun yang mengelilingi danau yang membuat suasana menjadi teduh dan indah.

    Selain itu di tahun 1984 yang lalu, pemerintah setempat menambah tanaman bunga teratai serta air mancur yang membuat danau ini terlihat lebih cantik nan mempesona. Selain itu ada beberapa tempat memancing di beberapa titik yang bisa digunakan oleh pengunjung jika ingin menyalurkan kesenangan atau hobinya dalam memancing.

    Taman Situ Lembang

    Air Mancur 

    Teman-teman yang berwisata atau bermain sangat antusias melihat pemandangan air terjun yang indah dan mempesona ini.

    Teman-teman dapat melihat dan menikmati air mancur pada jam 8 pagi dan dimatikan setelah 2 jam kemudian yaitu jam 10 pagi. Kemudian kembali dihidupkan jam 12 begitupun seterusnya. Jadi, setiap 2 jam sekali air mancur di Taman Situ Lembang ini akan dimatikan dan dihidupkan.

    Taman Situ Lembang

    Olahraga

    Teman-teman dapat menjadikan Taman Situ Lembang sebagai tempat untuk berolahraga. Meski taman ini tidak seluas seperti Taman Menteng, tapi disini dapat digunakan untuk berolahraga atau jalan santai. Dikarenakan terdapat jalan paving blok sehingga pengunjung nyaman saat mengelilingi area danau.

    Untuk dapt mengitari danau atau taman ini, teman-teman tidak memerlukan waktu yang lama hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dengan berjalan kaki. Tidak hanya itu, di sudut taman terdapat outdoor fitness. Teman-teman dapat temukan peralatan untuk olahraga fitness yang sederhana disini. Fasilitas ini dapat digunakan oleh teman-teman yang datang kesini. 

    Taman Situ Lembang

    Hobi Mancing

    Berbagai kegiatan menarik yang dapat teman-teman lakukan saat berada disini. Mulai dari kegiatan memancing di pusat kota. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika di kota-kota besar seperti Jakarta sulit ditemukan tempat untuk memancing. Ini tentu membuat para mancingmani ini menjadi kesulitan dalam menemukan arena untuk memancing.

    Di danau ini teman-teman dapat melakukan kegiatan memancing.Terdapat berbagai jenis ikan yang terdapat di danau mulai dari Ikan Mujair hingga ikan lele. Jika teman-teman ingin memancing hanya perlu membawa alat pancing saja. Dengan suasana yang teduh dan adem yang  membuat teman-teman ingin berlama-lama di Taman Situ Lembang.

    Lokasi Dan Jam Operasional

    Taman Situ Lembang berada di Jalan Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910. Taman ini buka setiap hari Senin - Jum'at.

    Pada era tahun 90an Taman ini pernah dijadikan lokasi syuting film WARKOP DKI siapa yang tidak tahu film-film dari Dono, Kasino dan Indro.

    Teman-teman ingin menggunakan transportasi umum seperti kereta rel listrik, stasiun yang paling dekat dengan taman ini yang berjarak sekitar 1 km. Begitu pula jika teman-teman yang ingin pergi menggunakan bus Transjakarta, jarak yang ditempuh dari halte terdekat dan taman masih cukup jauh.

    Danau buatan yang menjadikannya daya tarik tersendiri yang menjadikan keberadaan danau di pusat kota ini menjadi hal yang langka. Sehingga menjadikan Taman Situ lembang alternatif tempat nongkrong di Jakarta Pusat  yang mencari suasana yang berbeda. Berekreasi disini bisa menjadikan pilihan selain lokasi yang berada dipusat kota dan dekat.

    Post a Comment for "Taman Situ Lembang Jakarta Pusat"