Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Di Pangandaran Terpopuler

    Tempat Wisata Di Pangandaran Terpopuler

    Follow kami wik-wik di Google News

    Tempat wisata di Pangandaran salah satu Kabupaten termuda di Indonesia yang berada di bagian selatan Provinsi Jawa Barat. Tempat wisata di Pangandaran yang memiliki keindahan tersendiri yang sulit ditemukan ditempat lainnya. 

    Berikut ini tempat wisata di Pangandaran terpopuler yang wajib teman-teman kunjungi:

    Pantai Batu Hiu Pangandaran

    Pantai Batu Hiu Pangandaran, pantai menjadi salah satu tempat wisata di Pangandaran terpopuler oleh sebagian besar masyarakat di dunia tak terkecuali masyarakat Indonesia. Sedangkan Indonesia sendiri menjadi negara yang memiliki garis pantai cukup panjang, sehingga terdapat banyak sekali obyek wisata bahari salah satunya Pantai Batu Hiu Pangandaran. Meskipun begitu, dari semua obyek wisata pantai di tanah air, masih banyak tempat yang belum terungkap keberadaannya. Oleh karena itulah, kita patut melestarikan dan menjaga segala obyek wisata yang sudah ada.

    Jika teman-teman sedang jalan-jalan di daerah Pangandaran, Jawa Barat, ada satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi. Namanya adalah Pantai Batu Hiu Pangandaran. Pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. 

    Lalu mengapa Pantai ini disebut dengan Batu Hiu Pangandaran? Langsung saja yuk kita bahas bersama.

     

     

    Gerbang Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran


     

    Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran 

    Berikut mengenai legenda dan cerita rakyat mengenai Pantai Batu Hiu, bahwa pada abad ke-11 sejumlah pasukan dari kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tiba di tempat ini. Begitu mereka tiba di darat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di daerah bukit dan kemudian Aki dan Nini Gede memerintahkan pasukan untuk mencari makanan. Nama dari salah satu pasukan Mataram yang di perintahkan oleh Aki dan Nini Gede itu adalah Ki Braja Lintang.

    Ki Braja Lintang memutuskan untuk mencari ikan dan menangkap Ikan Hiu. Ketika Aki dan Nini Gede mengetahui tentang ini, di perintahkanlah Ki Braja Lintang untuk melepaskan ikan itu kembali ke lautan. Ketika di lepaskan, ikan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu dan masih bisa dilihat hingga saat ini.

     

    Pantai Batu Hiu Pangandaran

     

     

     Lokasi Pantai Batu Hiu Pangandaran 

    Pantai yang penuh legenda ini berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tepatnya berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Pantai pangandaran di sebelah selatan. Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata populer di Pangandaran. Pengunjung akan berdatangan setiap harinya dan mengalami peningkatan saat weekend maupun libur panjang tiba.

    Jika teman-teman ingin merasakan suasana yang lebih sepi, silahkan datang pada hari kerja bersama teman-teman maupun keluarga. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas yang akan menunjang kenyamanan para wisatawan.

     

    Pantai Batu Hiu Pangandaran

     

    Harga Tiket Masuk & Jam Buka Pantai Batu Hiu Pangandaran

    Agar bisa menikmati pemandangan pantai yang begitu mempesona di Pantai Batu Hiu Pangandaran, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk terlebih dahulu.

    Perlu diketahui, objek wisata ini menetapkan besaran harga tiket masuk yang berbeda-beda berdasarkan jenis transportasi yang digunakan.

     

    Pantai Batu Hiu Pangandaran Panorama Samudra Hindia


     

    Kategori Harga Tiket
    Orang jalan kaki Rp 3.000
    Sepeda Motor Rp 7.000
    Mobil Jeep/Sedan Rp 19.500
    L300 Rp 51.500
    Bus Kecil Rp 68.000
    Bus Sedang Rp 106.000
    Bus Besar Rp 172.000

    Perlu diketahui, bahwa harga tiket masuk yang tercantum di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, teman-teman tidak perlu khawatir kalaupun terjadi kenaikan tidak akan terlalu signifikan.

     

    Pantai Batu Hiu Pangandaran

    Pantai Batu Hiu Pangandaran


     

    Jadi, segera ajak keluarga untuk liburan menikmati pemandangan alam Pantai Batu Hiu Pangandaran.

     

    Pantai Madasari Pangandaran

    Pantai Madasari Surga Yang Tersembunyi Di Pangandaran. Salah satu tempat wisata di Pangandaran terpopuler, jIka teman-teman sedang berkunjung di Pangandaran, Jawa Barat yang memiliki pantai-pantai yang indah & nyaman untuk dikunjungi bersama Teman, Sahabat & Keluarga. Teman-Teman dapat mengunjungi salah satu surga yang tersembunyi yang berada di ujung barat Pangandaran tepatnya berada di Desa Madasari Kec. Cimerak Kab. Pangandaran yaitu PANTAI MADASARI.

    Pantai Madasari bisa menjadi tempat untuk menginap tetapi, hal tersebut bukan menjadi sebuah pertanda ada penginapan di sini.

    Teman-teman dapat melakukan aktivitas camping di sini, karena salah-satu daya tarik utama pantai tersebut adalah camping di sebuah pantai, dengan suasana yang nyaman, dan tenang tanpa banyak riuh pengunjung.

    Pantai Madasari Pangandaran

    Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat bagus. Bukan hanya itu kondisi pantai yang masih natural karena belum banyak terjamah oleh wisatan hingga pantai ini cocok untuk berlibur menenangkan diri.

     

     

    Saat berwisata ke sini pastikan akan menjumpai pepohonan ketapang yang berbaris di sepanjang pantai. Keberadanya yang agak sulit dijangkau pelancong, lantaran terletak di Kecamatan Cimerak yang terbilang pelosok dan jika dari Pantai Pengandaran  bisa memakan jarak sekitar 50 km.

    Di bawah ini informasi terlengkap dari  cara menikmai keindahan Pantai Madasar di Pangandaran, Jawa Barat.

     

    Rute 

    Pantai yang terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Jarak Pantai Madasari dari pusat Kabupaten Pangandaran sekitar 20 kilometer, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan. Untuk sampai ke pantai ini dari pusat kota Pangandaran menuju ke arah Cimerak, di dalam perjalanan menuju Pantai Madasari kita akan melewati beberapa objek wisata lainnya seperti Objek Wisata Citumang, Pantai Batu Hiu, Green Canyon & Pantai Batu Karas. Kemudian dari Cimerak lurus ke arah Legokjawa, belok kiri ke Bulakbenda dan sampai di Madasari.

    Kondisi jalannya juga sudah bagus hingga ke area parkiran Pantai. Akses jalan menuju Pantai Madasari akan melewati sepanjang pesisir pantai.

     

    Harga Tiket Masuk Pantai Madasari

     

     

    • Motor Rp.7.000,
    • Roda 4 Rp.25.000,
    • Bus Kecil Rp.110.000,
    • Bus Besar Rp.160.000,-

     

     

     

    Fasilitas 

    Pantai Madasari merupakan Pantai Pangandaran yang masih asri, dan pengelolaannya masih di bawah pemerintahan desa setempat. Namun fasilitas pokok seperti toilet, area parkir, sudah tersedia di kawasan tersebut.

    Mitos 

    Keberadaan nilai sejarah, misteri, legenda, maupun mitos, sejatinya menjadi sisi lain, serta daya tarik lainnya dari sebuah objek wisata.

    Begitupun dengan Pantai Madasari. Mitos yang ada di Pantai ini terkait dengan cerita Kuda Sembrani milik Sultan Agung yang lari ke kawasan Pantai Madasari.

    Adapun sejarah penamaan Pantai Madasari terkait dengan sosok pendatang dari suku Bugis yang bernama Daeng Danto. Daeng Danto memberikan nama kawasan tersebut menjadi Madasari, yang berarti makanan yang memiliki citarasa yang enak.

    Perlu teman-teman ketahui, bahwa harga tiket masuk Pantai Madasari yang tercantum di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, teman-teman tidak perlu khawatir kalaupun terjadi kenaikan tidak akan terlalu signifikan
     
     
     
     
     
     
     

     Grand Canyon Pangandaran (Cukang Taneuh)



    Grand Canyon Wisata Pangandaran (Cukang Taneuh), tempat wisata di Pangandaran terpopuler yang tidak hanya di Amerika saja yang mempunyai grand canyon ternyata di indonesia juga terdapat banyak grand canyon yang lebih indah dan memukau salah satu grand canyon yang indah tempat pariwisata yang harus di kunjungi adalah Grad Canyon pangandaran yang berada di desa kertayasa kec cijulang, kab ciamis, Provinsi jawa barat. Jarak wisata alam green canyon  dengan pusat kota pangandaran adalahs ekitar 27 km dengan waktu tempuh 45 menit dengan kendaraan pribadi.







    Rute green canyon menuju wisata alam pangandaran sendiri cukup mudah. Perjalanan di mulaid ari kota pangandaran menuju ke arah kecamatan cijulang dengan melewati jalan raya cijulang parigi. Setelah samapi di cijulang. ambil kanan di bunderan cijulang. Pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah ke arah green canyon.
    Rute kedua adalah jika pengunjung memulai perjalanan dari kota ciamis. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri rute yang di lewati Melalui kota tasik – ciamis – kota banjar – pangandaran – parigi lalu cijulang. jalur akses menuju green canyon pangandaran dari kota ciamis ini berjarak kurang lebih 170 km.






    Biaya Masuk dan ongkos sewa perahu Rp 200.000,-/perahu dengan kapasitas penumpang maksimal 6 orang ( anak kecil maupun balita tetap dihitung satu )
     Perjalanan perahu pulang pergi +- 30 menit dan pengunjung mempunyai waktu maksimal 15 menit di depan goa /cukang taneuh untuk menikmati dan mengexpose Panorama alam goa stalagnit
    Namun apabila pengunjung berminat ingin lebih lama atau pun ingin Berenang ( Fun Body Rafting ) untuk menikmati indahnya tebing stalagnit dan stalakmit silakan ambil extra time dengan tarif Rp 100.000,-/ 30 menit untuk satu perahu, dibayarkan langsung ke ABK/Juru Mudi Perahu
    Gunakan Pelampung/life Jacket yang sudah tersedia di setiap perahu dan pemandu lokal akan menemani pengunjung berenang menuju lokasi batu payung maupun pemandian putri


     


     



     
     

    Green canyon sebaiknya di kunjungi pada musim kemarau. Pada musim penghujan biasanya air sungai cijulang yang ada di green canyon warnanya akan berubah menjadi keruh kecoklatan. Namun jika musim kemarau warna air hijau dan lebih tenang.
    Wisata alam green canyon terlihat sangat cantik di setiap sudut  keindahan tempat wisata alam ini untuk di abadikan melalui kamera atau ponsel anda. pengunjung juga dapat berenang di bawah stalaktit alami merasakan sejuknya air yang menerpa  kulit pengunjung yang mandi. Jika pengunjung ingin mencoba untuk mengarungi arus deras sungai menuju hilir dan meloncat dari ketinggian tebing di green canyon siapkan tenaga anda dan jangan lupa menggunakan pakaian renang. Body rafting dikenakan biaya Rp 30.000 – 40.000. tentu saja jika anda cukup bernyali.

     




     
     
    Itulah beberapa tempat wisata di Pangandaran terpopuler yang wajib teman-teman kunjungi dan nikmati keindahan alamnya.

    Post a Comment for "Tempat Wisata Di Pangandaran Terpopuler"