Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang Yang Unik Gunung Sumbing



    Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang merupan salah satu wisata asli indonesia yang belakangan ini viral di media sosial dan menjadi tempat tujuan wisata favorit masyarkat, terutama saat hari libur datang.

    Nepal Van Java adalah julukan dari Desa Butuh yang merupakan salah satu Desa Di Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

    Karena Letaknya ada di lereng Gunung Sumbing dan rumah-rumah penduduk yang tampak bertumpuk seperti seolah-olah mirip dengan suasana Di Negara Nepal, itulah mengapa nama Nepal van java di sematkan kepada Desa Butuh.



    Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang berjarak 21,5 Km dari pusat Kota Magelang, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Magelang namun jika anda menggunakan kendaraan roda dua perjalanan bisa lebih cepat.

    butuh perjuangan untuk sampai ke dusun ini. Karena berada di ketinggian 1.600 mdpl di kaki Gunung Sumbing, pengunjung akan melintasi jalan menanjak.

    Sehingga, kendaraan yang Anda gunakan harus dipastikan kuat. Apalagi, jika menggunakan kendaraan matik, Anda harus ekstra berhati-hati.

    Lalu, Anda disarankan untung datang saat musim panas atau cuaca cerah. Jika datang saat musim hujan, jalanan akan licin dan berbahaya. Selain itu, hasil foto tidak akan maksimal karena tertutup kabut tebal.

    Sebaiknya, Anda datang saat musim panas di pagi hari atau malam hari. Anda bisa mendapatkan latar foto ala Nepal sekaligus pemandangan sunrise atau sunset di Dusun Btuh.



    Sesampainya di Nepal van Java, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang tersaji di sana. Warga mamasang tarif Rp 2000 setiap wisatawan yang datang. Uang tersebut digunakan untuk kebersihan lingkungan saja selebihnya menjadi kas dusun. Selain itu, pengunjung juga akan dibebani biaya Pakir kendaraan. Rp 5000 untuk roda empat dan Rp 2000 untuk roda dua. Bagi pengguna roda empat, diharapkan lebih berhati-hati. Pasalnya, minimnya kantong parkir memaksa sepanjang jalan difungsikan untuk parkir

    Daya tarik utama Nepal van Java adalah jajaran perkampungannya. Maka paling menarik jika dijadikan latar belakang berfoto. Namun tak hanya itu saja. Pengunjung bisa melakukan aktivitas lain seperti jelajah kampung atau petik sayuran.

    Bagi anda yang bertempat tinggal jauh, tersedia banyak sekali penginapan yang memadai di dusun Butuh bila ingin mengejar sunrise.


    Jika anda datang jauh dari luar kota magelang sangat di sayangkan bila hanya berkunjung ke Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang  saja anad bisa mengunjungi beberpa tempat wisata yang berada di sekitar Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang , Sepeti :

    Mangli Sky View

     

    Di tempat ini tersedia berbagai aneka gardu pandang sebgai spot foto yang instagramabel. Tempat wisata tersebut berada di ketinggian 1.570 mdpl di sebelah timur Gunung Sumbing, tepat nya di Desa mangli Kecamatan Kaliangkrik.

    Silancur Highland


    Tempat wisata baru ini menyajikan panorama alam yang sangat indah dari atas ketinggian. Suasananya sangat sejuk dan Instagramable banget. Berada Di kecamatan Kaliangkrik tepat nya di desa mangli dan hanya berjarak sekitar 15km dari tempat Wisata Mangli Sky View.

    Dan Masih banyak lagi tempat wisata lain nya yang berada di Kota magelang yang bisa anda kunjungi.

    Itulah Sedikit ulasan tentang Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang, tertarik untuk mengunjunginya?

    1 comment for "Nepal Van Java Dusun Butuh Magelang Yang Unik Gunung Sumbing"

    1. Cantik banget, tapi kenapa belum begitu populer ya. Harus dikunjungi kalau lagi main ke Jawa tengah.

      ReplyDelete