Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sendang Geulis Kahuripan Wisata Alam Terbaru Di Bandung Barat

    Pesona Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan


    Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

    Nama Sendang Geulis Kahuripan mungkin masih asing di dengar oleh para wisatawan, maklum saja, kawasan ini memang tergolong masih baru. Lagipula, tempatnya yang berada di pelosok kabupaten Bandung Barat. Sehingga, butuh waktu yang cukup lama menjadikan tempat ini ikon baru pariwisata bandung.

    Wilayah ini lebih tepatnya berada di RPH Cikalong Wetan, BKPH Padalarang Perum Perhutani BKPH Bandung Utara. Sendang Geulis kahuripan mempunyai arti danau ditengah pegunungan yang memberikan kehidupan. Dilihat dari maknanya tidak terlalu berlebihan.

    Faktanya, beberapa masyarakat memang bergantung kepada sumber mata air ini. Bagi masyarakat sekitar, sendang geulis kahuripan disebut juga dengan nama Talaga Cikahuripan, atau juga Sirah cai kahuripan. Jadi, jangan kaget bila suatu saat ketika anda berkunjung ke sini. Ada warga yang tidak tahu tentang sendang geulis kahuripan, meskipun begitu selalu saja dikunjungi wisatawan.


    Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

    Sendang  Guelis kahuripan ini terdapat sebuah curug yang aduhai. Curug ini memang tidak terlalu tinggi dan debit airnya memang tidak terlalu besar. Tetapi, karena itulah curug ini bisa dipakai untuk bermain air dan juga menjadi salah satu titik spot foto yang tidak boleh dilewatkan.


    Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

    Dan berbagai fasilitas yang cukup mumpuni tersedia di sana, mulai dari aea parkir, tempat bilas usai berendam dan berenang di kolam renang, tempat ganti pakaian, tempat untuk beristirahat, warung makan di sekitar lokasi, mushola, toilet dan lain sebagainya.

    Ada pula saung yang digunakan untuk beristirahat. Saung ini bisa digunakan pula untuk bercengkrama bersama dengan teman atau keluarga sembari menikmati indahnya kawasan ini. Suasananya pun juga menjadi daya tarik yang tidak bisa terhindarkan.


    Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

    Akses menuju ke kawasan ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja. Alamat lengkap kawasan ini berada di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

    Anda yang berasal dari Jakarta bisa menggunakan Tol Cipularang dan keluar melalui pintu Cikamuning. Kemudian, melewati jalan antara Cikampek – padalarang hingga sampai di jalan raya cikalong.Sesampainya di daerah cikalong, arahkan kendaraan menuju kearah timur menuju ke kawasan cikalong wetan. Setelah melewati perbatasan cikalong wetan arahkan kendaraan belok ke kanan.

    Berjalan lurus sejauh 3 km hingga sampai di perbatasan kecamatan dan menemukan pertigaan dimana ditengahnya ada gapura yang berbentuk dengan nanas dan ada pangkalan ojeknya. Setelah melewati gapura ini arahkan kendaraan sejauh 4km.

    Anda disarankan untuk berhati-hati bila melintas dijalan ini. Lantaran jalan ini yang belum bersahabat masih bebatuan dan terkadang licin. Setelah berhasil melewati jalan ini, anda akan menemukan sebuah SD. Parkirkan kendaraan anda di sd tersebut.

    Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Nah, perjalanan ini pun tidak kalah serunya, anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Hijaunya sawah dan semua keindahan khas pedesaan bisa ditemukan disini. Termasuk pula dengan ramahnya warga sekitar.

    Uniknya lagi, sawah di daerah ini berupa tangga, mengingatkan kita akan pemandangan serupa yang berada di pulau dewata bali. Keren bukan?😍😍

    Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

    Nah, Bagi Anda yang berasal dari bandung dapat langsung menuju ke cikalong wetan melalui perkebunan teh panglejar. Terdapat pertigaan lalu belok ke kanan melewati pasar tengek (Cisomang) Kantor desa wangunjaya kemudian, melewati kantor desa banjarsari. Kurang lebih 10 kilometer dari kantor desa ini anda akan sampai di kawasan ini.

    Untuk Harga tiket masuk yang harus dibayar pun cukup murah, hanya dengan 10 ribu rupiah saja. Ditambah dengan biaya parkir 5 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor.


    Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

    Nah itu dia sekilas tentang tempat wisata Bandung alam sendang geulis kahuripan...
    tertarik untuk berlibur kesini?

    sedikit saran buat kamu yang ingin berangkat menuju ke wisata Sendang Geulis Kahuripan, maka disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Karena akses jalan yang sempit, sehingga sulit untuk dilalui kendaraan roda empat, terutama saat bersimpangan dengan kendaraan dari arah depan.

    selamat berlibur....😊😊😊

    1 comment for "Sendang Geulis Kahuripan Wisata Alam Terbaru Di Bandung Barat"