Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Jabodetabek untuk Berwisata

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek 

     

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek menjadi sebuah wilayah yang populer di kalangan masyarakat, dimana tempat ini banyak sekali pendatang dan pengunjung dari berbagai daerah setiap harinya, terutama dijadikan sebagai tempat untuk berwisata. Nah, untuk Anda yang yang sedang mencari tempat berlibur di akhir pekan bersama keluarga maka wajib mengetahui daftar rekomendasi tempat wisata murah di Jabodetabek.

    Seperti yang Anda ketahui bahwa Jabodetabek merupakan kepanjangan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dimana kota – kota besar ini tidak hanya terkenal dengan kepadatan penduduk dan kemacetan, namun Jabodetabek menyimpan pilihan tempat wisata yang sangat menarik. 

     

    Terutama untuk liburan di akhir pekan maka Jabodetabek sudah menyuguhkan berbagai jenis wisata yang wajib dikunjungi dengan biaya yang murah, yuk simak beberapa daftarnya berikut ini!

     

    Beberapa Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Jabodetabek 

     

    Agar Anda bisa melepas penat di akhir pekan dengan berlibur terutama di wilayah Jabodetabek namun tidak banyak menguras kantong, yuk simak beberapa rekomendasi tempat wisatanya berikut ini!

     

    Wisata Taman Mangrove Angke Kapuk – Jakarta Utara

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek
     

     

    Rekomendasi wisata di wilayah Jabodetabek pertama datang dari wisata alam bernama Angke Kapuk yang berlokasi di PIK (Pantai Indah Kapuk), dimana menjadi tempat wisata dengan nuansa alam yang indah dan suguhan jajaran tanaman bakau serta ribuan pohon mangrove di sepanjang pinggir pantai. Saat berkunjung di tempat Anda akan melihat jembatan yang memanjang di area perairan tanaman mangrove yang subur. 

    Selain pemandangan dari pohon mangrove yang hijau, Anda bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan seperti penyewaan perahu untuk berkeliling dengan tarif biaya sekitar Rp.300.000 dengan jangka waktu 20 menit. 

    Bahkan di tempat tersebut Anda juga bisa menanam berbagai jenis tanaman seperti mangrove bakau besar, bakau merah/slindur, tancang atau yang lainnya dengan tarif Rp.150.000. 

    Untuk informasi wisata taman mangrove Angke selengkapnya Anda bisa berkunjung secara langsung di tempat yang berlokasi di daerah Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, 144070 dan dibanderol tiket masuk di akhir pekan Rp. 35.000 untuk dewasa dan Rp. 20.000 untuk anak – anak.

     

    Kebun Binatang Ragunan – Jakarta Selatan

    Taman Margasatwa Ragunan ini telah berdiri sejak tahun 1864 yang dibangun diatas tanah dengan luas 140 hektar dan berisi sekitar 295 spesies fauna yang berasal dari seluruh pelosok di Indonesia. 

    Selain itu Kebun Binatang Ragunan juga menjadi salah satu  rekomendasi tempat wisata murah di Jabodetabek dimana para pengunjung yang datang hanya dibanderol dengan biaya tiket masuk seharga Rp. 4000 saja untuk dewasa dan Rp. 3000 untuk anak – anak. 

    Di Dalamnya Anda bisa berjalan sambil menikmati pohon tinggi yang rindang sembari mengunjungi berbagai koleksi 295 spesies fauna yang berasal dari seluruh Indonesia bahkan ada juga yang didatangkan dari luar negeri. 

    Tidak hanya itu juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati bersama keluarga di akhir pekan seperti, Pusat Primata Schmutzer, gajah dan onta tunggang, sewa Anda bisa menyewa sepeda untuk berkeliling, taman perahu, angsa, bendi, juga terdapat pentas satwa dan lainnya. 

     

    Jika Anda ingin berakhir pekan di sini anak kesayangan maka bisa datang secara langsung pada alamat Jalan Harsono RM No 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

     

    Wisata Kebun Raya Bogor

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

     

    Sesuai dengan namanya Kebun Raya Bogor ini terletak di Kota Hujan yaitu Bogor yang berdiri diatas tanah dengan luas 87 hektar. Kebun Raya yang sangat populer ini telah dikembangkan oleh seorang bernama Thomas Stamford Raffles yang memiliki setidaknya 15.000 koleksi tanaman dari berbagai spesies. 

    Di dalamnya telah tumbuh salah satu tanaman sesuai nama pengembangnya yaitu Bunga Rafflesia Arnoldi yang termasuk terbesar dari wilayah Sumatera, selain itu juga terdapat berbagai macam jenis bunga Anggrek. 

    Bagi Anda yang suka berfoto ria, kebun ini telah menyediakan beragam spot foto yang menarik, diantaranya Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Patung The Little Mermaid, Pemakaman Belanda Kuno, Taman dan Tugu Teijsman, Museum Zoologi, dan Griya Anggrek. 

    Untuk Harga tiket ke Kebun Raya Bogor yang beralamat di Jalan Ir. Haji Djuanda No 13, Palendang, Bogor Tengah,  Kota Bogor hanya dibanderol dengan harga Rp.15.000 per-orang untuk Domestik dan harga Rp.25.000 untuk warga mancanegara.

     

    Planetarium di Taman Ismail Marzuki – Jakarta Pusat

    Bagi Anda pecinta dunia luar angkasa maka dan ingin berwisata di tempat yang bernuansa beda dari yang lainnya maka wajib berkunjung di Planetarium yang berlokasi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat tepatnya di sekitar area Taman Ismail Marzuki. 

    Salah satu rekomendasi tempat wisata murah di Jabodetabek ini memiliki tiket masuk yang sangat murah yaitu hanya Rp. 7000 untuk orang dewasa dan Rp. 3500 untuk anak – anak. 

     

    Selain itu bangunannya telah didesain menyerupai kubah setengah bola yang sangat unik dan didalamnya Anda bisa melihat keindahan alam semesta dan benda – benda luar angkasa yang memikat mata.

     

    Wisata Danau Buatan Little Venice – Puncak

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

     

    Salah satu destinasi wisata di puncak Bogor yang berlokasi di Cipanas ini menyuguhkan suasana dan pemandangan yang berbeda di tempat lainnya, yaitu Little Venice. Sesuai dengan namanya Little Venice ini merupakan suatu danau buatan yang dikelilingi rumah – rumah sama persis atau mirip dengan kota Venesia, Italia. 

    Tidak hanya itu wisata populer yang berbeda dari lainnya ini telah menyediakan berbagai wahana permainan untuk anak hingga orang dewasa, dan hal yang paling menarik adalah Anda bisa menyusuri danau buatan dengan menggunakan perahu yang telah disediakan untuk mengelilingi kota Venice buatan tersebut. 

     

    Tidak hanya itu danau buatan ala – ala Kota Italia tersebut juga menyediakan berbagai kuliner khas Cipanas wilayah puncak dengan rasa yang enak dan lezat, jika Anda tertarik maka secara langsung di lokasi Batulawang. Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat, 43253.

     

    Pantai Mutiara Pluit – Jakarta Utara

    Bagi Anda yang ingin menikmati sisi lain dari Kota Jakarta maka bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat menawan dengan panorama Laut Jawa dan Kepulauan Seribu, yaitu Pantai Mutiara Pluit. 

    Jadi sebuah pantai yang berlokasi di Jalan Pantai Mutiara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta ini merupakan sebuah kawasan perumahan bertema laut dengan luas 100 hektar dan menyuguhkan view yang sangat eksotis dan instagramable. 

     

    Dengan sebuah tempat kawasan hunian mewah di pinggir pantai ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata bermain air, jogging, atau hanya sekedar jalan – jalan melepas penat di pinggir pantai dengan suguhan angin yang segar tentunya bahkan di sore hari Anda bisa menyaksikan sunset.

     

    Taman Kota BSD City – Tangerang Selatan

    Taman Kota Bumi Serpong Damai atau yang disebut dengan BSD merupakan sebuah lokasi taman yang populer sebagai tempat wisata di BSD yang wajib dikunjungi untuk bersantai atau melepas penat di akhir pekan. 

    Sebuah taman yang populer di kalangan masyarakat Tangerang Selatan ini merupakan kawasan kebun raya atau hutan kota sehingga area ini cocok dijadikan sebagai tempat piknik atau aktivitas santai lainnya. 

    Selain itu taman yang memiliki banyak pohon yang rindang ini terletak di dua lokasi yang berbeda yaitu di dekat sekolah Al – Azhar BSD dan yang kedua terletak di industri Taman Tekno. 

     

    Namun kedua lokasi tersebut memiliki fasilitas yang berbeda,  untuk lokasi di dekat sekolah Al – Azhar bisa dilakukan berbagai aktivitas seperti, jogging, futsal, atau olahraga lainnya dan untuk lokasi yang kedua terdapat jembatan cinta yang berdiri gagah yang berdiri di taman yang lebih luas.

     

    Wisata Rumah Pohon - Bekasi

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

    Kota yang dipenuhi dengan banguan industri atau manufatur ini ternyata juga memiliki banyak wisata dengan nuansa alam yang menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Wisata Rumah Pohon yang berkawasan seperti di hutan yang rindang. 

    Sesuai dengan namanya wisata ini menyuguhkan banyak pepohonan yang besar dan dibangun rumah pohon dengan view yang asri cocok sebagai tempat berlibur satu keluarga. 

    Tidak hanya sebatas rumah pohon saja, namun juga menyediakan beragam fasilitas yang menarik, yaitu spot foto yang lucu, wahana permainan yang menantang seperti flying fox, wall climbing, jembatan gantung, kolam tangkap dan tempat makan atau minum. 

    Maka tak heran jika Rumah pohon Bekasi ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata murah di Jabodetabek dengan menetapkan harga tiket paketan hanya Rp. 70.000 saja dimana sudah bisa menikmati berbagai fasilitasnya.

     

    Wisata Museum Of Toys – Tangerang

    Salah satu tempat wisata untuk bernama Museum of Toys ini bisa dibilang sebagai tempat atau surga bagi anak atau orang dewasa yang menyukai berbagai jenis mainan. 

    Menjadi salah satu tempat rekomendasi wisata anak di Jabodetabek ini memiliki dua lantai gedung yang dipenuhi oleh beragam ribuan koleksi mainan yang menarik, diantaranya seperti tokoh berbagai kartun atau superhero lainnya. 

     Tidak hanya itu di museum ini juga terdapat salah satu action figure yaitu star wars yang menggendong wanita dan ini cuma satu – satunya di Indonesia  maka jangan heran jika semua koleksi yang dipajang merupakan koleksi pribadi dari pendiri museum. 

    Siapa anak yang tidak suka dengan mainan, jangan khawatir karena juga terdapat toko yang menjual beragam jenis mainan untuk anak. Bahkan di lantai dasar juga terdapat cafe yang unik dan berciri khas dengan anak – anak dijamin tidak akan bosan jika berkunjung di museum ini dengan anak tercinta. 

     

    Apalagi harga tiket yang dijamin murah dimana untuk weekdays dibanderol dengan harga Rp. 60.000 dan weekend Rp. 80.000 saja dan Anda bisa secara langsung berkunjung di alamat Rukan CBD, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

     

    Hutan CIFOR – Bogor

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

    Bagi Anda yang suka traveler dan pecinta dunia fotografi dengan view alam, maka wajib mengunjungi tempat wisata Hutan CIFOR, dimana tempat ini sebenarnya berupa areal hutan penelitian seluas kurang lebih 60 hektar milik Departemen Kehutanan Kabupaten Bogor. 

    Disebut dengan CIFOR karena memiliki lokasi yang tidak jauh dari kantor lembaga swadaya yang bergerak di bidang kehutanan yaitu CIFOR (Centre for International Forestry). 

    Menjadi  salah satu rekomendasi wisata alam gratis jabodetabek, para traveler saat berkunjung di hutan CIFOR tidak dikenakan biaya alias gratis untuk para wisatawan dan fotografer yang ingin menikmati suasana alam hutan yang kaya akan oksigen. 

     

    Jadi para fotografer biasanya menggandrungi spot dalam hutan untuk mengejar RoL (Ray of Light) atau dikenal dengan view semburat cahaya matahari yang membentuk garis sinar.

     

    Taman Bermain Indoor Trans Studio Cibubur – Depok

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

     

    Siapa yang tidak mengenal tempat wisata taman bermain kelas dunia dalam ruangan atau indoor yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, yaitu Trans Studio Cibubur.  

    Sebuah kawasan bermain untuk semua kalangan yang memiliki banyak wahana yang menarik ini telah dibangun di lahan seluas 4,1 hektar dengan menyediakan berbagai fasilitas terbaik dan sangat lengkap untuk pengunjung. 

    Bahkan pembangunan setiap area atraksi dan wahana di Trans Studio Cibubur dilengkapi dengan kecanggihan teknologi untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Karena dibalut dengan dekorasi dan instalasi yang sangat unik dan menarik maka taman bermain indoor ini dijuluki mirip seperti hiburan sekelas taman bermain di mancanegara. 

     

    Selain itu juga banyak wahana yang tersedia diantaranya seperti, Trans Central Station, Lagoon, Beach Walk, Sci – Fi City, Adventure Zone, Jurassic Island, Snow Playground, Boomerang Coaster, Spectacular Multimedia Show, dan masih banyak lainnya.

     

    Cafe Shophaus – Menteng , Jakarta Pusat

    Siapa yang tidak suka dengan menu yang serba sehat seperti yang telah disediakan oleh cafe bernama Shophaus Menteng, sesuai dengan namanya tempat nongkrong ini berlokasi di Jalan Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat. 

    Menjadi salah satu tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang paling populer dengan menu sehatnya ini menyediakan beragam jenis menu, misalnya snack Berrywell dan Namelaka yang terbuat dari buah – buahan dan biji – bijian yang menyehatkan. 

     

    Selain itu tempat nongkrong instagramable ini merupakan tempat gabungan dari beberapa kafe, restoran, tempat kedai es krim, bahkan salon, maka tak heran jika banyak pemuda yang menghabiskan waktu di tempat nongkrong yang super lengkap ini.

     

    Wisata Setu Babakan - Jakarta

    Menjadi salah satu daftar wisata air di Jabodetabek, tempat wisata yang bernama Setu Babakan ini telah menjadi cagar budaya di Kota Jakarta, oleh karena itu Anda wajib mengunjungi di akhir pekan bersama anak tercinta. 
    Wahana yang disediakan di area setu ini adalah perahu kayu yang bisa dinaiki di atas wahana air tersebut dan tidak hanya itu saja wilayah ini juga akan menyuguhkan kebudayaan masyarakat betawi. 
    Di sana Anda bisa berinteraksi dengan masyarakat betawi yang ramah atau bahkan mencicipi jajanan khas betawi yang dijual di area Setu Babakan tersebut.

     

     

    J – Sky Ferris Wheel, AEON Mall – Jakarta Timur

    Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

    Salah satu daftar wisata baru di Jabodetabek tepatnya berlokasi di pusat perbelanjaan AEON Mall Jakarta Garden, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur, yaitu bernama J – Sky Ferris Wheel.

    Tempat menantang dengan wahana kincir raksasa tertinggi ini berhasil memecahkan rekor muri dengan ketinggian kurang lebih 69 meter, maka tempat ini wajib Anda kunjungi saat bosan dengan wisata Ibukota yang biasa – biasa saja. 

    Selain itu untuk tiket reguler per orangnya hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 50.000 saja dengan begitu menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian atau berselfie ria dengan spot yang tinggi. 

    Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata murah di Jabodetabek yang wajib dikunjungi saat berakhir pekan dengan keluarga atau orang terkasih, semoga bermanfaat dan happy weekend.

    Post a Comment for "14 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Jabodetabek untuk Berwisata"