Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Batu Hiu Pangandaran Penuh Dengan Legenda & Keindahan

 

PANTAI BATU HIU PANGANDARAN 

 

Pantai menjadi salah satu obyek wisata yang paling disukai oleh sebagian besar masyarakat di dunia tak terkecuali masyarakat Indonesia. Sedangkan Indonesia sendiri menjadi negara yang memiliki garis pantai cukup panjang, sehingga terdapat banyak sekali obyek wisata bahari salah satunya Pantai Batu Hiu Pangandaran. Meskipun begitu, dari semua obyek wisata pantai di tanah air, masih banyak tempat yang belum terungkap keberadaannya. Oleh karena itulah, kita patut melestarikan dan menjaga segala obyek wisata yang sudah ada.

Jika teman-teman sedang jalan-jalan di daerah Pangandaran, Jawa Barat, ada satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi. Namanya adalah Pantai Batu Hiu Pangandaran. Pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. 

Lalu mengapa Pantai ini disebut dengan Batu Hiu Pangandaran? Langsung saja yuk kita bahas bersama.

 

Gerbang Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran


Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran 

Berikut mengenai legenda dan cerita rakyat mengenai Pantai Batu Hiu, bahwa pada abad ke-11 sejumlah pasukan dari kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tiba di tempat ini. Begitu mereka tiba di darat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di daerah bukit dan kemudian Aki dan Nini Gede memerintahkan pasukan untuk mencari makanan. Nama dari salah satu pasukan Mataram yang di perintahkan oleh Aki dan Nini Gede itu adalah Ki Braja Lintang.

Ki Braja Lintang memutuskan untuk mencari ikan dan menangkap Ikan Hiu. Ketika Aki dan Nini Gede mengetahui tentang ini, di perintahkanlah Ki Braja Lintang untuk melepaskan ikan itu kembali ke lautan. Ketika di lepaskan, ikan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu dan masih bisa dilihat hingga saat ini.

Pantai Batu Hiu Pangandaran

 Lokasi Pantai Batu Hiu Pangandaran 

Pantai yang penuh legenda ini berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tepatnya berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Pantai pangandaran di sebelah selatan. Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata populer di Pangandaran. Pengunjung akan berdatangan setiap harinya dan mengalami peningkatan saat weekend maupun libur panjang tiba.

Jika teman-teman ingin merasakan suasana yang lebih sepi, silahkan datang pada hari kerja bersama teman-teman maupun keluarga. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas yang akan menunjang kenyamanan para wisatawan.

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Harga Tiket Masuk & Jam Buka Pantai Batu Hiu Pangandaran


Agar bisa menikmati pemandangan pantai yang begitu mempesona di Pantai Batu Hiu Pangandaran, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk terlebih dahulu.

Perlu diketahui, objek wisata ini menetapkan besaran harga tiket masuk yang berbeda-beda berdasarkan jenis transportasi yang digunakan.

Pantai Batu Hiu Pangandaran Panorama Samudra Hindia


KategoriHarga Tiket
Orang jalan kakiRp 3.000
Sepeda MotorRp 7.000
Mobil Jeep/SedanRp 19.500
L300Rp 51.500
Bus KecilRp 68.000
Bus SedangRp 106.000
Bus BesarRp 172.000

Perlu diketahui, bahwa harga tiket masuk yang tercantum di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, teman-teman tidak perlu khawatir kalaupun terjadi kenaikan tidak akan terlalu signifikan.

Pantai Batu Hiu Pangandaran

Pantai Batu Hiu Pangandaran


Jadi, segera ajak keluarga untuk liburan menikmati pemandangan alam Pantai Batu Hiu Pangandaran.


Baca Juga:





3 comments for "Pantai Batu Hiu Pangandaran Penuh Dengan Legenda & Keindahan"

  1. Inget batu hiu, jadi inget lagunya doel sumbang yg berjudul sama.. Kebetulan sya suka banget sama lagu itu.. 😋😋😄

    ReplyDelete
  2. Kebetulan sekali sedang mencari-cari tentang pantai ini, ketemu blog ini, trimakasih mas/mba yang sudah shaaring...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ka, jangan mampir ke Pantai Batu HIU

      Delete