Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Orchid Forest Lembang Bandung

Ekowisata Orchid Forest Cikole Lembang Bandung




  Kawasan lembang tak hentinya menyuguhkan tempat-tempat wisata yang menarik perhatian. salah satu naya orcid forest cikole yang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Orchid Forest Cikole merupakan hutan wisata yang cantik dan asri. Layaknya hutan wisata, anda bakal dimanjakan, nggak cuma sama pemandangannya, tetapi juga berbagai spot foto yang menarik.


 Orchid Forest sendiri berdiri di atas areal seluas 12 hektar, dan berada di ketinggian sekitar 1.500 di atas permukaan air laut,dan sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh Hutan Pinus yang usianya sudah cukup tua, dengan ketinggian yang menjulang tinggi.
Ekowisata yang satu ini juga dikenal dengan taman bunganya. Bukan semarang taman bunga, karena Orchid Forest Cikole memiliki sekitar 157 jenis bunga anggrek yang tersebar di tanah seluas 12 hektar.


 Menariknya juga, bibit anggrek di Orchid Forest Cikole nggak cuma berasal dari Indonesia. Beberapa sudut taman anggrek ini bisa ditemukan bunga dengan bibit yang langsung di impor dari negara Amerika Selatan seperti Venezuela, Amerika Serikat hingga Peru.
 Hebatnya lagi, Orchid Forest lembang menjadi salah satu tempat wisata edukasi unggulan bertaraf internasional, terutama dalam hal Budidaya Angrek,dan saat ini ke depan akan diproyeksikan menjadi sebuah kawasan Hutan Anggrek Terbesar di Indonesia, bahkan juga Asia dan Dunia.
 Dan dari beberapa jenis tanaman anggrek yang ada di Orchid Forest, terdapat juga beberapa tanaman anggrek unggulan dan sudah langka seperti,
Anggrek Hitam ( Coelogy Pandurata ), Anggrek Kantong Semar ( Paphopedilum Glaucophyllum ) serta jenis anggrek golongan Paraphalaenopsis Laycocky.



 Di Orchid enyediakan berbagai wahana, atraksi, dan aktivitas yang dapat memanjakan wisatawan. Baik itu permainan atau pegelaran. Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik di Orchid Forest Cikole Bandung.
 Seperti Sky Bridge Jembatan yang bergoyang-goyang ini dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini. Untuk bisa menaiki jembatan ini, wistawan diharuskan membayar uang sebanyak Rp15.000 per orangnya. (Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Orchid Forest Cikole Bandung).





 Kegiatan Outbond  yang menarik di ruang terbuka hijau. Terdapat Flying fox. airsoft Gun, highrope, panahan, berkuda, dan lain-lain yang bisa menjadi pilihan untuk menguji keberanian.
Orchid Forest Lembang juga menyediakan fasilitas camping ground, Serunya berkemah di alam terbuka dapat wisatawan rasakan di tempat ini. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk 9 orang per malamnya. Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.







 Tak lengkap rasanya jika wisatawan tidak mengabadikan momen saat berjalan-jalan. Di tempat ini terdapat spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata wisatawan. Terdapat panggung terbuka, rumah pohan, dan rumah kelinci. Di tempat-tempat ini, wisatawan dapat mengabadikan momen berwisata ke dalam kamera kesayangan. dan masih banyak sekali spot foto lainnya.







  Bagi wisatawan yang enggan berjalan kaki mengitari hutan anggrek yang sangat luas Orchid Forest Cikole menyediakan mobil golf. Wisatawan dapat menaiki mobil golf ini untuk berkeliling dan diantarkan ke tempat-tempat indah yang ada di sini. Jangan khawatir, wisatawan tidak ditarik biaya lagi untuk menaikinya alias gratis.
  Nah Untuk setiap pengunjung yang akan memasuki kawasan wisata Orchid Forest di Cikole ini akan dikenakan tarif sebesar Rp.30.000/orang. dan untuk wisatawan WNA sebesar Rp 100.000/orang
  Namun bagi anda yang membawa serta Kamera DSLR, maka anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.50.000/orang nya.
Sementara untuk tarif parkir kendaraan bermotor dikenakan tarif perkendaraannya adalah untuk mini bus Rp 10.000, motor Rp 5.000, dan Rp 30.000 untuk bus.



 Waktu operasional tempat wisata di Lembang, Kab.Bandung Barat ini adalah setiap hari, mulai dari pukul 09.00 – 18.00 WIB ( weekday ) 08.00 – 19.00 WIB ( Weekend ).
Orchid Forest Bandung berlokasi di  Orchid Forest Cikole, Genteng, Cikole, West Bandung Regency, West Java, Indonesia. Kurang lebih 20 kilometer dari kota Bandung.
  Jika anda berangkat dengan titik start dan menggunakan kendaraan pribadi dari arah Bandung kota, maka cukup arahkan saja kendaraan anda menuju ke Gunung Tangkuban Perahu.
Nah selama perjalanan menuju ke Tangkuban Perahu, silahkan anda perhatikan pintu gerbang atau pintu masuk orchid forest yang berada di pinggir jalan.dan untuk lebih jelasnya lagi anda bisa mencari di google maps.



 Untuk bisa menjangkau ke orchid forest cikole lembang dengan angkutan umum, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum. Angkutan umum yang bisa digunakan adalah angkot Ciroyom-Lembang dan berhenti di Jalan Panorama. Namun sangat disayangkan dari titik ini tidak ada kendaraan umum yang bisa digunakan hingga mencapai tujuan. Wisatawan harus rela berjalan sekitar 3 km menuju Jalan Tangkuban Perahu atau menggunakan alat transportasi tradisonal baik itu secara langsung atau melalui aplikasi ponsel.
Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot St.hall – Lembang dan turun diperempatan Lembang, Maribaya, Tangkuban Perahu. Perjalanan dilanjutkan dengan angkot jurusan Lembang-Cikole, namun lagi-lagi wisatawan harus melanjutkan dengan berjalan kaki atau membayar lebih jika ingin diantarkan ke tempat tujuan dengan cara negosiasi dengan pengemudi angkot.

 Itulah sekilas tentang wisata Orchid Forest Cikole Lembang...😊😄




1 comment for "Wisata Orchid Forest Lembang Bandung"

  1. Sip, kbetulan ane pernah kesini blm lama.
    joss keren ulasannya.

    ReplyDelete