Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Curug Panjang Bogor

    Pesona Curug Panjang Megamendung Bogor



     Curug panjang adadalah salah satu wisata curug di bogor yang wajib anda kunjungi, namun jika di bandingkan dengan curug lain sepeti curug nangka dan curug ci lember, nama curug panjang masih terasa asing. Akan tetapi curug panjang bisa menjadi alternatif wisata akhir pekan anda, lokasi yang tak begitu jauh, bisa di tempuh dengan sekali jalan.
    Curug Panjang berlokasi Desa Citaminang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770, Indonesia.


     Curug Panjang masih termasuk ke dalam kawasan lereng Gunung Paseban. Sehingga menjadikan air terjun ini dikelilingi oleh pohon – pohon yang tinggi dan tebig atau batu alam yang masih alami. Hal inilah yang menjadikan pengunjung betah berlama – lama berada di sini.


      Untuk sampai ke lokasi Curug Panjang, bagi anda yang berasal dari Jakarta, Karangpucung, Cilacap, Depok, Subang, dan daerah sekitar Bogor seperti Kuningan dan Parakan, silakan berkendara menuju Kabupaten Bogor atau dapat juga naik kereta api menuju stasiun Parung Panjang Bogor. Lokasi Curug adalah kurang lebih 20 km atau 1,5 jam berkendara dari kota Bogor. Anda juga dapat berkendara melewati Jalan Raya Bogor Puncak.
     Ketika sudah sampai di daerah Megamendung, barulah Anda akan merasakan ‘tantangan’ untuk menemukan letak Curug Panjang. Dengan medan kira-kira 8 m, Anda akan menemui jalan yang cukup sempit, berbatu, dan masih berupa tanah atau belum diaspal. Anda akan menemukan spanduk selamat datang di bagian pintu masuk kedatangan Curug Panjang.
     Ada tiga curug yang ada di dalam kawasan Gunung Paseban yaitu Curug Panjang, Curug Cibolao, dan Curug Naga. Ketiga curug tersebut masih terjaga kealamiannya dan dikelola oleh pemerintah daerah. Curug Panjang merupakan curug yang paling tidak terkenal diantara ketiga curug tersebut.





    Sebenarnya hanya 8 kilometer dihitung dari jalan masuk Megamendung (dari jalan raya Bogor Puncak), tapi terasa jauh karena harus melewati jalan kecil yang di beberapa tempat hanya bisa dilewati 1 mobil saja. Untuk kunjungan pertama ini masih perlu beberapa kali bertanya kepada penduduk setempat, karena tanda arah ke lokasi masih kurang jelas terlihat
     Dari tempat parkir kendaraan anda masih harus berjalan sejauh 200 m untuk dapat sampai di lokasi wisata. Keunikan dari curug ini adalah aliran airnya yang mengalir secara vertikal sepanjang kurang lebih 20 m.





     Salah satu pesonanya adalah kolam alami yang terbentuk dari derasnya aliran air Curug Panjang, katanya bisa sedalam lebih dari 5 meter. Di pinggir kolam ini terdapat tebing setinggi 3-4 meter yang biasa dipakai para nekaders untuk dive jump,.


    Beberapa aktivitas selain itu anda para pengujung dapat berenag di sungai yang ada di bawah air terjun. Dengan air yang jernih dan sejuk dapat membuat siapa saja yang berenang dapat terlihat lebih fresh.Selain berenang para pengunjung juga dapat bermain body rafting di sini.



    Disediakan pula area camping untuk siapa saja yang ingin bermalam di kawasan curug ini dan disini juga menyewakan peralatan camping. Dengan membayar biaya sewa peralatan camping anda sudah mendapatkan tenda untuk 6 orang, pasak, sleeping bag, matras, penerangan, dan berbagai perlengkapan lain yang dibutuhkan.


    Harga Tiket masuk dan lain nya adalah :

    Tiket MasukWisatawan DomestikRp10.000
    Wisatawan MancanegaraRp50.000
    Biaya ParkirSepeda MotorRp3.000
    MobilRp5.000
    BusRp10.000
    PelampungPenyewaanRp15.000
    Peralatan CampingRp420.000

    *Harga tiket di atas sewaktu-waktu bisa berubah tanpa adanya pemberitahuan.




     Sekalipun belum merupakan lokasi wisata yang terkenal, fasilitas yang ada di Curug Panjang ini cukup memadahi. Di lokasi wisata ini sudah terdapat :
    • Toilet Umum
    • Kamar Mandi
    • Tempat Ibadah
    • Pusat Informasi
    • Area Parkir Luas
    • Tempat Sampah
    • Warung Makan
      DanPengunjung diperkenankan untuk membawa makanan atau bekal sendiri selama menikmati keindahan alam di Curug Panjang.
    Namun, bila Anda tidak sempat untuk membuat bekal ataupun membawa makanan, tidak perlu khawatir karena di daerah sekitar Curug Panjang terdapat warung yang menjual makanan. Beberapa makanan yang dijual adalah seperti rujak, gorengan, cilok, dan beberapa makanan khas Jawa Barat lain.



    Tips Wisata

    1. Berhati – hatilah ketika berada di lokasi wisata. Tak jarang kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian para wisatawan.
    2. Gunakan alas kaki yang nyaman karena anda akan berjalan sejauh 20 m agar sampai ke lokasi wisata.
    3. Membawa ganti baju untuk berenang.
    4. Membawa peralatan mandi seperti handuk, sabun, sampo, dan yang lainnya jika diperlukan.
    5. Pastikan untuk menjaga barang bawaan Anda secara pribadi karena belum disediakan penitipan barang. Andalah yang bertanggungjawab atas keamanan barang Anda.
    6. Selalu menjaga keasrian dan kealamian wisata Curug Panjang Bogor ini

    Itulah sekilas tentang Purug Panjang Megamendung Bogor...😊