Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situ Sangiang Majalengka Danau Indah , Mistis dan Bersejarah

Situ Sangiang Majalengka Danau Indah


 Situ sangiang majalengka merupakan salah satu obyek tempat wisata, dan bisa juga dijadikan tempat wisata ziarah. Lokasi situ sangiang berada di desa sangiang, kecamatan banjaran kabupaten majalengka jawa barat. Objek wisata situ sangiang majalengka salah satu tempat wisata, yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. dengan mengandalkan sumber mata air, tanah dan hujan sebagai sumber air utama.






 Situ ini memiliki luas sekitar total sampai 26,4 hektar. Situ ini juga tergolong dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang terkenal dengan sebuah legenda nini Pelet-nya.
Obyek wisata ini terletak 800 m dari kota Majalengka atau sebelum kota Talaga dari arah selatan. Situ ini berada pada ketinggian antara 600-800 m.  Ketinggian tanah terendah berada di desa Banjaran dan tertinggi di desa Sangiang.








  Selain memiliki pesona keindahan yang sangat menarik, situ sangiang majalengka juga memiliki danau yang berisi ribuan macam ikan didalamnya.Sangat disayangkan loh, jika penduduk yang berada di majalengka sendiri tidak mengunjungi wisata dengan pesona keindahnnya. Selain itu ada beberapa mitos loh yang terjadi di situ sangiang.
Salah satunya ikan yang mati dari situ ini mesti dikuburkan seperti manusia.
Konon menurut kisah, ikan lele serta sebangsanya yang hidup ditempat itu adalah jelmaan manusia.
Pemimpin ikan jelmaan itu yaitu putra Prabu talaga Manggung Pucuk Umum yang bernama Raden Panglurah, cucu Prabu Siliwangi, Raja Pakuan Pajajaran.
Ada sebuah kondisi yang aneh memang, mengingat semua warga setempat tak berani untuk mengambil ikan dari situ sehingga tak heran kalau ada ikan yang hidup disitu bisa sampai ukuran besar.




  Di dalam situ terdapat sebuah papan bertuliskan bahwa para pengunjung dilarang renang, membuang sampah sembarangan, memancing, menyalakan api unggun, atau mencorat-coret apapun fasilitas yang ada di sekitar situ.
so jika anda ingin mengunjungi siru ini harus di patuhi ya selain menghormati juga untuk menjaga lingkungan ya..




 Untuk menuju jalan situ sangiang ini sudah cukup baik, karena akses jalannya sudah beraspal. Namun sangat disayangkan, untuk kendaraan umum belum tersedia. Maka disarankan bagi para pengunjung, untuk membawa kendaraan pribadi. Akses jarak yang diambil dari pusat kota majalengka, kurang lebih 27 KM. Alamat lengkap situ sangiang majalengka di desa sangiang, tepatnya di kecamatan banjaran kabupaten majalengka jawa barat.
 Untuk memasuki tempat wisata situ sangiang majalengka, harga tiket masuknya Rp. 15.000 dan sudah berikut biaya parkir. Didalam situ sangiang ini, pasti sobat akan selalu menemukan kotak amal, terutama di makam tempat berziarah. Silahkan bagi sobat untuk bisa memberikan sebagian rejekinya disana ya.




 Objek wisata ini sangat indah, sehingga memberikan sensasi yang berbeda kepada setiap pengunjung yang datang. Situ sangiang majalengka dikelilingi oleh pohon lebat nan asri ini, tidak kalah indahnya dengan pohon pinus yang berada di argalingga majalengka. Sensasi pemandangannya sama-sama adem, baik situ sangiang maupun pohon pinus argalingga.




 Para pengunjung yang berminat untuk berziarah, biasanya ditepatkan waktunya. Biasanya untuk berziarah setiap bulan maulid. Bulan maulid ini dimana puncak keramaian masyarakat, yang ziarah ke makam suanan parung (prabu pucuk umum). Letak makamnya berada disamping situ sangiang.
Sementara untuk yang berwisata tidak dibatasi, waktu bagusnya dipagi hari sekitar jam 08.00. Karena udaranya sangat segar, namun tidak masalah pada siang hari juga. Menjelang dhuhurpun matahari disini tidak menyengat, karena disekitar situ ini dikelilingi pepohonan yang tinggi dan rimbun.






Tips berkunjung ke tempat wisata Situ Sangiang

1. Saat berselfie hati-hati liat posisi dan jaga sikap, karena disana terdapat danau. Jangan sampai tingkahlakunya berlebihan.
2. Pakailah fasion sebaiknya simple, namun tidak masalah asalkan hati-hati saat mendekati danau, khawatir terinjak atau terpeleset.
3. Selalu jaga adab dan sikap saat berkunjung.
4. Bawa makanan dan minuman buat cemilan disaat istirahat. Jangan lupa bawa roti, untuk memberi pakan ikan.
5. Buanglah sampah pada tempatnya.


Itulah tempat wisata situ sangiang majalengka. Berkunjung ke objek wisata ini, mengajarkan hal tentang etika, kerendahan hati sebagai rasa hormat serta penghargaan kepada leluhur yang telah berjasa. Semoga menjadi bagian referensi untuk berlibur...😊😊😊😀😀


Baca Juga:



Post a Comment for "Situ Sangiang Majalengka Danau Indah , Mistis dan Bersejarah"