Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Satu Hari Di Yogyakarta

Seru...!!!! Satu Hari Berwisata Ke Beberapa Tempat Wisata Ikonik Di Jogjakarta




Siapa sih yang gak kenal Jogja? Kota di Jawa Tengah ini selalu padat turis pada saat-saat liburan. Jogja atau Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata utama bagi banyak warga Indonesia setelah Bali. Seperti namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini menjadi sangat istimewa karena merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan.
Keluarga kerajaan Yogyakarta di pimpin oleh seorang Sultan yang hingga kini sangat dihormati dan disegani oleh penduduk asli Yogyakarta. Keistimewaan lainnya dari kota ini adalah banyaknya peninggalan candi yang tersebar di berbagai wilayahnya. Candi di Yogyakarta bahkan masuk kedalam daftar situs warisan dunia.
Eits.. Bukan hanya candi-candi nya saja yang menjadi daya tarik wisata jogjakarta, jogja juga memiliki banyak tempat tujuan wisata lainnya, baik wisata alam budaya, wisata belanja dan wisata kuliner.

Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yangbisa di kunjungi dalam satu hari..πŸ˜‰

Pertama anda bisa memulai hari dengan MengExplore Lava Tout Merapi.
Lava Tour Merapi merupakan tempat wisata yang bertema Lava Tour yang berada di Yogyakarta, tepatnya di Dusun Kinahrejo, Kabupaten Sleman
Di lokasi tersebut,  Anda bisa melihat secara langsung bekas erupsi Gunung Merapi yang terjadi di tahun 2010 silam. Sebenarnya tidak hanya Dusun Kinahrejo yang terkena dampak dari erupsi Gunung Merapi.Setidaknya ada 25 dusun lainnya yang juga hancur karena ganasnya lahar panas Merapi saat itu. Dengan wisata Lava Tour Merapi, anda bisa merasakan serunya menyusuri kaki Merapi menggunakan Jeep Willys buatan Amerika.
Bahkan jika memilih paket Long Trip anda bisa mengunjungi makam Mbah Maridjan juri kunci Merapi.







 Untuk menikmati Paket Lava Tour Merapi di bagi menjadi beberapa paket, yaitu: Paket Short Trip dengan tarif Rp. 350.000 . Paket Medium Trip dengan tarif Rp. 450.000 . Paket Long Trip dengan tarif Rp. 600.000 . Paket Sunrise Trip dengan tarif Rp. 400.000 . Harga Belum Termasuk Ticket Kunjungan ke The Lost World Castle Yogyakarta @ Rp. 30.000,-/orang dan Stonehenge @ Rp. 15.000,-/orang









Selanjut nya anda bisa memilih berwisata ke Candi Prambanan, Candi Prambanan yang sudah sangat tersohor adalah candi yang bercorak agama hindu. Candi ini adalah candi hindu terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Pesona yang dimiliki seakan tidak pernah pudar justru semakin ramai diminati oleh wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Candi Prambanan memiliki tinggi 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur. Berada disebelah timur Yogyakarta, sejatinya tempat wisata Candi Prambanan berada di antara 2 wilayah yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bila ingin berkunjung ke wisata Prambanan ini, kamu cukup merogoh uang Rp40.000 maka kamu sudah bisa menikmati keindahan kompleks candi.
Dan kalau kamu lagi berwisata dengan anak anak, misal keponakan, maka ia juga akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000. Harganya cukup murah lho dibanding harga tiket Prambanan untuk turis asing.
Untuk turis asing dewasa dikenai biaya USD18 dan turis asing anak anak USD8. Gimana, masih murah tiketmu kan?
Candi Roro Jonggrang ini dibuka tiap hari jam 6 pagi sampai 5 sore termasuk saat hari libur nasional kecuali Hari Raya Nyepi. Karena biasanya candi ini dijadikan tempat sembahyang umat Hindu se-Jawa Tengah dan sekitarnya.











Trip selanjut nya anda bisa berwisata ke Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Buko ini adalah bukti dari peninggalan sejarah negeri ini. Mengapa bisa disebuit juga dengan Situs? Karena, Ratu Boko adalah reruntuhan dari sebuah istana dan bangunannya pun tidak ada yang menyerupai Candi. Tempat ini pun juga bisa disebut dengan Keraton Ratu Boko.
Situs ini berada di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl. Bisa dibilang kawasan ini adalah sebuah kawasan keraton yang cukup lengkap diantara keraton jawa lainnya. Dimana kompleks bangunan ini cukup lengkap tediri dari pintu gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan juga pagar pelindung.
Situs Ratu Boko terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Dari arah Kota jogja ambil jalur jalan Solo sampai tiba di lampu merah pertigaan pasar Prambanan. Belok ke kanan dan berjalan sekitar 3 kilometer.
Setelah dari sini, akan ada papan petunjuk yang akan menjadi pemandu anda semua.

Harga tiket lokasi ini bisa sebesar 25 ribu rupiah untuk usia diatas 6 tahun. Bagi yang masih berusia dibawah 6 tahun akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu. Untuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 13 dollar.
Sejujurnya, harga yang ditawarkan ini cukup mahal untuk sekelas situs kerajaan. Hanya saja, bangunan peninggalan keraton ini sudah berusia ratusan. Otomatis, biaya perawatannya pun cukup mahal. Kecuali, kalau anda datang saat Sunset tiba. Harga tersebut bisa jadi cukup murah dengan hasil yang akan didapatkan.

 Adapun tiket terusan yang bisa dibeli di Candi Prambanan dengan harga 30 – 40 ribu rupiah. Jika, anda menggunakan tiket terusan ini maka, anda semua akan disediakan sebuah Shuttle Bus yang akan mengantarkan anda dari Candi Prambanan menuju Keraton Ratu Boko PP.
Hanya saja, Shuttle ini tersedia sampai pukul 4 sore saja. Setelah itu, anda bisa naik ojek menuju ke Candi Prambanan. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Candi Prambanan disarankan untuk berkunjung ke Keraton Ratu Boko terlebih dahulu. Baru menikmati Candi Prambanan.











Wisata jogja siang hari seru bukan? begitujuga Jogja di waktu malam tidak kalah menarik dengan di siang hari.
Wisata malam menjadikan Jogja seakan tidak pernah tidur dan menjadikannya penuh inspirasi bagi banyak orang, terutama para seniman.
Banyak tempat yang mengeksplorasi pemandangan alam Jogja di malam hari.
Ada juga tempat khusus yang sengaja dibuat sebagai tempat yang menarik untuk wisata malam Jogja dan cocok untuk berfoto atau instagramable.
salahsatunya jaln malioboro ,belum lengkap datang ke Yogyakarta jika belum berkunjung ke Jalan Malioboro.
Kekhasan lampu jalan yang memadukan gedung lawas dengan hotel dan mal di kanan kiri jalan membuat Anda akan selalu rindu untuk kembali.

Baca Juga: 

Kata siapa ke Malioboro cuma bisa belanja doang? Ada banyak hal hal seru yang bisa kamu dan temen temen kamu lakukan disini, di antaranya adalah wisata kuliner, foto-foto selfie, piknik jalan kaki..heheheπŸ˜‚πŸ˜‚

Nah itu dia sedikit artikel tentang satu hari trip jogjakarta.. seru bukan,..πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜πŸ˜πŸ˜

Post a Comment for "Wisata Satu Hari Di Yogyakarta "