Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Cipamingkis Bogor

    Air Terjun Cipamingkis

    Wisata Air Terjun Cipamingkis Bogor terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Destinasi yang dikelola oleh Perum Perhutani ini, dibuka sejak tahun 2009 Wisata air terjun ini memiliki luas 16,50 Hektar.

    Memiliki suhu udara yang cukup dingin berkisar antara 18-20 derajat celcius air terjun ini memiliki pemandangan yang indah mempesona. Dinginnya suhu dikarenakan air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 900 meter mdpl.

    air terjun Cipamingkis merupakan tempat pertemuan aliran dua sungai yang melintasi Kabupaten Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Nama air terjun Cipamingkis sendiri diambil dari salah satu sumber sungai tersebut.

    Air Terjun Cipamingkis


    Udara sejuk dan air yang sangat dingin akan membuat Anda betah berlama-lama di air terjun ini. Pengelola juga menyediakan sejumlah fasilitas yang instagramable atau menarik diunggah di media sosial.

    Ada rumah pohon, taman, hingga perahu mini yang menjorok ke aliran sungai Cipamingkis, sehingga cocok untuk ber-selfie. Bergaya di rumah pohon dan replika perahu sambil memandang aliran sungai serta bukit yang indah.

    Air Terjun Cipamingkis
     

     

    Air Terjun Cipamingkis


    air terjun Cipamingkis menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan destinasi wisata air terjun lainnya. Di sini, pengunjung bisa mendapatkan banyak spot swafoto, kolam renang, cukup dengan merogoh kocek senilai Rp 33.000 untuk wisatawan nusantara dan Rp 53.000 untuk wisatawan mancanegara.
    Pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam dan kesejukan udara khas dataran tinggi.

    Air Terjun Cipamingkis



    Air Terjun Cipamingkis


    Pohon Tiara Kerbau berumur ratusan tahun nampak kontras di antara jajaran pohon Pinus di Bukit Cipamingkis, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Sekira 100 meter menuju air terjun yang menjadi spot andalan objek Wisata air terjun Cipamingkis, pohon dengan diameter sekitar 100 sentimeter ini, menjadi daya tarik baru bagi pengunjung untuk menikmati liburan di air terjun Cipamingkis. Adapun untuk menginap, pengelola mematok harga kamar dari Rp 350.000 sampai Rp 500.000.

    Air Terjun Cipamingkis

    Yang tak kalah mengagumkan adalah tersedianya camping ground. Meskipun sudah banyak villa yang dibangun di sekitar air terjun, akan tetapi pengalaman berkemah justru lebih menyenangkan.

    Apalagi jika dilakukan bersama keluarga, tentu dapat mempererat hubungan masing-masing anggotanya. Anda dapat memilih menggunakan tenda yang dibawa sendiri atau menyewa tenda dari pengelola. Anda hanya perlu membayar Rp 60.000 untuk berkemah di sini. Pengelola juga menyediakan paket tenda lengkap dari harga Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000.

    Air Terjun Cipamingkis

     

    Air Terjun Cipamingkis


    Untuk dapat menikmati keindahan panorama dan keindahannya, teman-temantidak perlu membayar mahal. Per tahun 2018 tiket masuknya sebesar Rp 15.000 dan Rp 3.000 retribusi Perhutani. Lalu Anda juga masih dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 4.000.

    Harga-harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan Perum Perhutani sebagai pengurus.

    Bagi Anda pecinta outdoor activity, air terjun Cipamingkis menyediakan area outbond dan juga jogging track. Bila setelah melakukan semua aktivitas perut terasa lapar, Anda bisa mendatangi Saung sebagai tempat makan dan istirahat. Mushola untuk beribadah dan toilet juga ada. Sangat lengkap bukan

    air terjun Cipamingkis dibuka setiap hari di hari kerja maupun hari libur. Kemudian jam buka dan tutupnya sendiri mulai pukul 08.00 – 18.00 bagi para pengunjung yang tidak menginap.
    Namun di saat liburan panjang tiba, sebaiknya datanglah sedari pagi, karena obyek wisata belum dipenuhi oleh para pengunjung dari dalam maupun luar kota.

    Air Terjun Cipamingkis


    Alamat lengkap air terjun Cipamingkis berada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bogor kurang lebih 44 kilometer. Membutuhkan waktu kira-kira 1,5 jam sampai 2 jam untuk sampai ke titik lokasi. Lalu untuk alat transportasi yang bisa digunakan adalah kendaraan pribadi, seperti sepeda motor maupun mobil. Sedangkan kendaraan umum belum bisa mengantarkan sampai lokasi.

    Selain itu, jarak parkiran hingga air terjun pun relatif dekat. Kebanyakan tempat wisata air terjun lain memiliki jarak cukup jauh dari latar parkirnya, membuat sehingga mudah lelah. Tapi di air terjun Cipamingkis Anda tidak perlu berjalan jauh lagi.

    Bagi Anda yang belum pernah mampir ke air terjun Cipamingkis pasti membutuhkan rute menuju ke sana. Berikut ini ada beberapa jalur yang bisa Anda pilih sesuai keinginan :

    • Bila keberangkatan dari Bekasi, maka Anda memiliki 3 pilihan, yaitu melalui Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Raya Nagorong. Bagi yang memilih Tol Jagorawi, perjalanan dimulai dengan menuju tol JORR hingga ke pintu keluar wilayah Gunung Putri. Kemudian belok kanan ke arah Mayor Oking. Teruskan saja sampai di pertigaan sebelum Pasar Baru Citereup. Pilih jalur menuju Cibadak. Nantinya Anda akan tembus ke pertigaan Pasar Sukamakmur Jonggol. Lanjutkan sampai tiba di Jalan Kp. Ciherang dan bertemu dengan Rumah Makan Banoyaya. Terakhir ikuti petunjuk arah sampai tujuan.
    • Berbeda lagi kalau Anda memilih Tol Jakarta-Cikampek. Arahkan perjalanan menuju pintu exit ke arah Lemahabang. Lanjutkan sampai menemukan Polsek Cikarang Selatan. Teruskan sampai melewati Celecton Blue Cikarang, berbelok ke kiri, lalu belok kanan menuju Pasar Cibarusah setelah pertigaan kedua Kantor Pos Cibarusah. Ambillah jalur sebelah kiri menuju Jonggol sampai Anda melintasi Pasar Baru Jonggol. Anda akan sampai di Alun-Alun Jongol, kemudian belok kiri hingga pertigaan ke Jalan Kb Danas. Lanjutkan kembali perjalanan seperti petunjuk sebelumnya.Sedangkan jalur melalui Jalan Raya Narogong hampir sama. Acuan Anda adalah Taman Mekarsari. Setelah melewati tempat tersebut, arahkan kendaraan menuju Jonggol. Jalur perjalanan selanjutnya sama dengan rute melalui Tol Jakarta-Cikampek.
    • Keberangkatan dari Cianjur dimulai dengan melintasi jalur Istana Cipanas. Kemudian teruskan perjalanan sampai ke Polsek Pacet dan belok kanan. Selanjutnya Anda akan bertemu dengan jalan yang bentuknya cagak tiga.Ambillah jalur di sisi kanan lalu arahkan kendaraan ke Jalan Puncak Dua. Dari sini, teruskan sampai melewati SMP 3 Cipanas. Ikuti jalan dan lihat petunjuk arah hingga melintasi air terjun Arca. Lalu tinggal belok kiri dari pertigaan dan Anda sampai ke tujuan.
    • Rute dari Kota Jakarta sendiri tidaklah rumit. Bagi Anda pengguna mobil, maka bisa melalui Tol Cibubur. Jalur yang harus dilewati adalah mulai dari Tol Cibubur, kemudian lanjutkan sampai Gunung Putri. Selepas itu Anda akan tiba di Jonggol. Teruskan perjalanan sampai wilayah Sukamakmur dan tembus ke Desa Wargajaya. Terakhir, sampailah di air terjun Cipamingkis. Perjalanan akan semakin mudah bila menggunakan aplikasi Maps yang ada di Smartphone.

    Air Terjun Cipamingkis

     

    Sebagian besar tempat-tempat di Indonesia masih dipercaya memiliki legenda maupun mitos, tak terkecuali air terjun Cipamingkis ini. Mitos-mitos yang beredar memang diyakini oleh warga sekitar dan para pengunjungnya. Bahkan tak hanya satu mitos.

    Mitos pertama berhubungan dengan asmara atau percintaan. Konon katanya bila ada seseorang yang masih single dan mandi di bawah air terjun dengan niat ingin bertemu jodoh, maka permintaannya tersebut akan dikabulkan.

    Lalu mitos kedua adalah tentang ‘penghuni’ air terjun Cipamingkis. Begitu Anda masuk ke kawasan air terjun yang dipenuhi dengan pepohonan, aura mistis memang terasa begitu kental. Kabarnya penghuni air terjun adalah seekor jelmaan ular naga paduan dari Pangeran Langit. Masyarakat setempat pun menyebutnya sebagai Dewi Ular atau Ratu Ular.

    Sementara mitos ketiga ini dialami sendiri oleh salah satu pengunjung air terjun. Belum terlalu jelas siapa orangnya dan kapan kejadian tersebut terjadi. Namun menurut keterangan beberapa sumber, seorang pengunjung secara tak sengaja bertemu dengan makhluk ghaib yang menyorotkan mata berbinar merah dan tajam ke arahnya. Setelah itu ia merasakan ada suatu kekuatan yang masuk ke dalam dirinya. Ternyata kekuatan tersebut membuatnya memiliki ‘daya tarik’ khusus di mata lawan jenis dan hubungan percintaannya. woww mistis sekalii ya...!!😱😱😱

    Nah itu lah sekilas tentang air terjun cipamingkis bogor...
    Apakah Anda tertarik berkunjung ke air terjun Cipamingkis? Tentukanlah waktu yang tepat. Perkiraan cuaca juga sangat penting demi keamanan bersama. Jangan lupa pakai pula sepatu khusus untuk treking atau mendaki yang lebih kuat berpijak...😊😊😊

    4 comments for "Wisata Air Terjun Cipamingkis Bogor"

    1. udah lama tinggal di Bogor tapi blm pernah ke sini

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehehe kesana lah gan.. lebih bagus liat langsung hehehe

        Delete
    2. keren aduhai....
      pengen kesana.
      thanks infonya min.

      jangan lupa kunjungi juga ya
      http://looperday.blogspot.com

      ReplyDelete