Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pulau Dua Serang Banten

    Cagar Alam Pulau Dua Surga Para Burung  Di Serang Banten

     



     Keanekaragaman budaya dan wisata di banten, memang menarik sekali untuk diulas. Terlebih lagi tentang cagar alamnya, yang sangat terkenal seperti Ujung kulon.  Namun, selain ujung kulon yang begitu melegenda itu, tenyata banten juga memiliki 1 cagar alam yang tak kalah menariknya untuk kita kenal dan ketahui bersama. Cagar alam tersebut dikenal dengan Sebutan Pulau Dua.

     Pulau Dua atau sering dikenal dengan nama pulau burung, berlokasi di desa sawah luhur, kecamatan Kasemen, Kabupaten Banten. Pulau dengan luas sekitar 30hektar ini dijadikan tempat konservasi sebagai lokasi cagar alam, karena di pulau ini terdapat berbagai macam ribuan burung-burung dari berbagai penjuru. Tak heran jika masuk ke pulau ini harus menggunakan perijinan dinas setempat. Menurut penjaga pos di pulai ini, burung-burung itu Tidak sekedar berasal dari penjuru nusantara saja melainkan dari berbagai benua bermigrasi menuju ke pulau ini.



      Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, maka, jika anda bisa tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah jakarta, maka anda bisa menggunakan tol jakarta – Merak yang menuju ke arah Serang. Dengan mengambil jalur ini, maka perjalanan anda akan dihantarkan mencapai pulau dua (pulau burung) yang terletak di sebelah utara wilayah Serang.
    Untuk rute lain bisa anda tempuh dar Serang, yang mana perjalanan ini bisa anda lanjutkan menuju Karanghantu dan selanjutnya anda bisa menaiki kapal motor untuk mencapai cagar alam yang masih perawan ini.


     Ketika anda telah mencapai wilayah dari pulau burung ini, maka anda akan bertemu dengan sebuah pos yang mana di sini anda akan diminta untuk mengisi buku tamu yang ada. Bagi anda yang ingin melihat burung, maka anda bisa menuju pada menara pemantauan yang ditempuh selama 5-10 menit dengan berjalan kaki. Tinggi dari menara tersebut hampir mencapai 6 meter, sehingga dari ketinggian itu, anda bisa melihat berbagai jenis burung.


     Dikenal sebagai habitat berbagai jenis burung, menurut ahli lingkungan pada zaman Hindia Belanda, di pulau dua (pulau burung) terdapat terdapat 71 jenis burung. Di dalamnya terdapat 14 jenis burung berbiak seperti Mycteria Cinerea yang mana keberadaannya sudah tinggal 6000 ekor di muka bumi, dan 95% nya terdapat di Indonesia.
     Namun, menurut hasil laporan di tahun 1998, jenis burung yang terdapat di pulau dua (pulau burung) ini sebanyak 110 spesies, yang mana setengahnya merupakan burung air.
    Dikenal juga sebagai surga perkawinannya para burung, pulau dua (pulau burung) merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan anda. dengan berkunjung ke sini, anda akan mengenal berbagai jenis burung serta bisa menikmati pemandagan yang masih alami. Jadi, tidak mengherankan, jika pulau dua (pulau burung) ini menjadi tempat berkumpulnya para pecinta burung.
     Di pulau ini wisatawan juga akan menemukan berbagai jenis hewan  lain seperti biawak, kadal serta berbagai jenis hewan yang hidup di hutan mangrove.








     Objek Wisata Cagar Alam Pulau Dua di Kasemen Serang Banten bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :
    – Area Parkir kendaraan
    – Mushola
    – Kamar mandi / MCK
    – Tempat Istirahat
    – warung makan
    – dan masih banyak lainya



    Baca Juga:

    2 comments for "Pulau Dua Serang Banten"