Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menangani Anak Kecanduan Gadget



     Hdup di jaman sekarang artinya tak jarang ada orangtua yang mengeluh anaknya kecanduan gadget. Baik itu televisi, telepon genggam, sampai tablet.
    Padahal kecanduan akut terhadap gadget pada anak-anak dapat merusak kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Efek merusaknya dalam beberapa hal bisa sama seperti kecanduan alkohol atau NARKOBA.






    Lantas bagaimana kita tahu anak sudah kecanduan gadget?
    Ciri-ciri anak kecanduan gadget:
    • Penggunaan gadget secara terus-menerus diiringi berkurangnya minat untuk bersosialisasi.
    • Selalu meminta diberikan gadget. Jika tidak diberi, anak akan mengamuk.
    • Tidak mau beraktivitas di luar rumah. Misalnya bersikeras meminta pulang agar bisa bermain game di rumah.
    • Menolak melakukan rutinitas sehari-hari dan lebih memilih bermain gadget. Seperti tidak mau disuruh tidur atau mandi.

     Jika sudah seperti ini akan menjadi sulit untuk kamu mengajak anak untuk makan, belajar, bersosialsi dengan orang lain, dan melakukan aktivitas lainnya karena anak kecanduan gadget. Si keil sudah terlanjur larut dalam dunianya sendiri. Untuk membantu mengurangi kecanduan gadget pada anak terdapat beberapa pendekatan yang bisa kamu lakukan.

    Salah satu pendekatan yang terbukti cukup ampuh dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan mengenalkannya pada alam semesta. Wisata alam menjadi salah satu opsi yang bisa kamu coba agar anak bisa terlepas dari kecanduan gadget dan banyak melakukan aktivitas fisik yang baik untuk tubuhnya. Lalu apa saja yang bisa dilakukan saat wisata alam? Ini tipsnya!

     Mengurangi Kecanduan Gadget dengan Bermain di Luar Ruangan

     

     Banyak orangtua yang cenderung protektif terhadap anak sehingga mereka tidak mengizinkan anak untuk bermain di luar rumah atas dasar khawatir. Kekhawatiran ini timbul karena ketakutan sang anak meniru banyak hal yang kurang baik juga tidak sopan yang bisa anak contoh saat melihatnya di luar rumah. Selain itu sebagian orangtua memiliki kekhawatiran anak menjadi rentan terkena penyakit saat bermain di luar rumah. 

     Ada baiknya orangtua mulai memahami bahwa anak memerlukan eksplorasi untuk tumbuh kembangnya. Dampingi anak dan lakukan pengawasan saat anak pertama mencoba untuk bermain di luar rumah untuk mengurangi kecanduan gadget. Jangan sampai kamu langsung melepaskan anak dari gadget dan memaksanya untuk bermain di luar.

     Lakukan secara perlahan dengan sedikit demi sedikit mengurangi waktu anak bermain gadget. Lakukan interaksi yang meyenangkan saat mendampingi anak bermain di luar. Kamu bisa sesekali jelaskan nama-nama tanaman yang ada di sekitar rumah, bermain dengan kucing liar, bermain dengan media tanah, bersepeda, dan masih banyak lagi.

     

    Ajak Anak Mengunjungi Kebun Binatang

     


     Dengan mengajak anak bermain di kebun binatang, si kecil bisa bermain dan mengenal kehidupan satwa liar. Bayangkan betapa bahagianya si kecil saat ia bisa melihat binatang-binatang favoritnya yang biasa hanya ia saksikan lewat buku atau video saja. Ia juga bisa menemukan berbagai hewan liar yang pastinya belum pernah ia lihat sebelumnya.

     Keberagaman satwa ini tentu membuat si kecil takjub dan melupakan waktunya untuk bermain gadget. Dibandingkan bemain gadget si kecil bisa jadi lebih terarik melihat tingkah-tingkah lucu satwa liar di kebun binatang. Libatkan diri kamu dalam mendampingi si kecil menjelaskan beberapa satwa yang ada di kebun binatang. Kamu bisa jelaskan habitatnya, makanan kesukaannya, atau menirukan suara binatangnya.contoh nya anda membawa anak-anak ke Mini zoo Bogor atau Kebun Binatang Ragunan atau kebunbinatang terdekat di tempat tinggal anda.

     Sambil berjalan-jalan di kebun binatang, kamu bisa membantunya menyebutkan nama-nama binatang yang ia lihat. Dengan melihat wujud binatangnya secara langsung akan memudahkan anak untuk menghafal berbagai kosa kata dan nama-nama binatang. Jika anak sudah bisa membaca, maka ia bisa membaca berbagai informasi yang tertulis di tiap sudut kebun binatang yang menjelaskan tentang hewan tersebut.


    Mengunjungi Taman Bermain

     

      Terdapat beragam pilihan taman yang bisa kamu kunjungi bersama anak dalam misi mengurangi kecanduan gadget si kecil. Kamu bisa menemukan taman dengan beberapa tempat bermain yang bisa si kecil eksplor. Awasi anak saat bermain dengan mengajaknya berinteraksi seperti menanyakan perasaannya, berbicara mengenai cuaca hari itu, atau sekedar melemparkan candaan-candaan.
     Hal ini akan membuat anak bersemangat bermain karena kehadiran kamu di sana menjadi momen bermain kian menyenangkan! Kamu juga bisa menemukan taman lalu lintas yang ada di beberapa kota di Indonesia. Taman Lalu Lintas merupakan sebuah konsep taman yang menawarkan wisata alam yang mengedukasi anak terkait peraturan lalu lintas yang ada di Indonesia serta dunia.





     Atau anda bisa mengajak si kecil ke Kebun Wisata Pasir Mukti selain bermain sikecil akan banyak beredukasi dengan alam. dan masih banyak lagi wisata alam yang mengedukasi di sekitar tempat tinggal anda.

    Mengunjungi Wisata Edukasi



    Contoh nya ajak si kecil keTMII, TMII menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Disini, kamu bisa melihat miniatur dari Indonesia. Pasalnya, TMII menyajikan berbagai budaya dari seluruh provinsi di Tanah Air.
    Beragam rumah adat dilengkapi dengan busana adat, senjata hingga alat musik setiap daerah bisa kamu pelajari di TMII. Tak hanya itu, tempat wisata edukasi yang berlokasi di Jakarta Timur ini juga menyediakan berbagai museum seperti museum perangko, transportasi, listrik hingga energi baru.



    Kebersamaan dengan Orang-Orang yang Dikasihinya adalah Kuncinya

     

     Melihat apa yang sudah saya jelaskan di atas kamu pun bisa mengambil kesimpulan bahwa kunci utama mengurangi kecanduan gadget pada anak adalah keterlibatan orang-orang di sekitarnya. Penting bagi orang-orang di sekitarnya bisa meluangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan anak. Hal ini akan banyak membantu dalam mengurangi kecanduan gadget pada anak.

     Untuk mempererat hubungan antara kamu dan anak, wisata alam di atas bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu coba untuk mengurangi kecanduan gadget dengan Saat berwisata, pastikan kamu memilih tempat penginapan yang seru yang bisa kamu dan si kecil eksplor. Semoga bermanfaat 😊😊😊

    1 comment for "Cara Menangani Anak Kecanduan Gadget"

    1. Ngena banget ini slur.
      Jgn lupa main ya di cahpareblogspot

      ReplyDelete