Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Lewi Hejo yang Mempesona

Curug Lewi Hejo adalah salah satu curug yang indah yang ada di Bogor, tepat nya di Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.
    Curug leuwi hajo menyuguhkan suasana alam yang begitu sempurna. Air yang mengalir sangat jernih berwarna hijau toska yang memukau.

Selain curug nya yang indah ada banyak kolam-kolam kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berenang namun pengunjung di haruskan tetap berhati-hati. Karena ada beberapa lokasi yang cukup dalam yaitu sampai 6 meter. Selain dalam, banyak juga bebatuan licin yang sering tidak sengaja menjadi pijakan pengunjung.

Untuk menuju curug jika anda membawa kendaraan roda empat langsung keluar di pintu Tol Sentul. Kemudian ambil arah ke kawasan Jungleland, butuh waktu kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan kalau dari Jakarta.
    Anda bisa juga melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Citeureup (Cibinong). Lalu ambil ke arah sukamakmur dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Rute ini melewati jalan yang agak besar dan bisa dilalui oleh mobil.

Jika dari Jakarta maka ambil arah ke tol Jagorawi, Exit Tol Sentul City. Belok kiri ke arah Sentul City, Giant, Jungle Land. Setelah Giant ada jalan turun ke bawah menuju arah pertigaan Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang, Sate PSK, SLDC. Ambil Kiri ke arah Polsek Babakan Madang. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Belok Kanan ke arah Gunung Pancar. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah. Jangan masuk ke kanan, ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, tapi belok kiri ke arah Desa Karang Tengah. Ikutin terus jalan tersebut sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kanan jalan.

Setelah sampai di lokasi, kendaraan diparkirkan di tempat yang telah disediakan, dan para pengujung harus melalui jalan setapak atau tracking selama setengah jam perjalanan sampai menuju ke Leuwi Hejo. Medan yang di tempuh berupa jalan setapak yang terbuat dari tanah dan beberapa anak tangga yang mash terbuat dari bebatuan, sehinnga apabila terkena hujan medan yang ditempuh sangat licin. Ketika perjalanan yang sedang ditempuh, wisatawan pun akan disuguhkan keindahan alam berupa pegunungan yang hijau serta gemuruh air yang tercipta dari sepanjang aliran sungai.

Kawasan wisata alam Leuwi Hejo memiliki beberapa curug, dengan total curug sebanyak 5 buah, yaitu curug Leuwi Hejo, curug Leuwi Liek, curug Leuwi Ciung, curug Leuwi Cepet, serta curug Baliung. Lokasi curug satu ke curug yang lainnya tidak perlu memakan waktu yang begitu lama, perlu 5 sampai 15 menit perjalanan tracking.

Curug Leuwi Hejo Bogor merupakan wisata alam paling murah di Sentul. Sebelum masuk menuju lokasi ini, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8.000; saja per orang kepada sejumlah warga yang menjaga. Biaya penitipan kendaraan roda dua: Rp. 15.000; roda empat Rp. 25.000;. Jika musim hujan, sebaiknya urungkan dulu niat Anda untuk berkunjung ke curug ini. Karena kemungkinan besar, debit air akan meningkat dan arusnya pun semakin deras, pesona hijau Curug Leuwi Hejo akan tertutup dengan air hujan berwarna cokla

Curug Leuwi Hejo nama ini berasal dari bahasa Sunda, curug berarti air terjun, leuwi berarti lembah atau bagian sungai terdalam, dan hejo yaitu hijau. Dari namanya saja, kita sudah dapat membayangkan tempat wisata tersebut terdapat sebuah kolam berwarna hijau.

Ya, salah satu yang menjadi favorit di Curug Leuwi Hejo yaitu kolam di bawah air terjun sebagai tepat berenang dan menyelam atau bermain air dan menyewa pelampung hanya Rp. 10.000; saja. Airnya tentu saja sangat jernih dan alami selayaknya air pegunungan. Hawa udara sejuk dan air sangat dingin.

Fasitas yang ada di sanapun cukup memadai tersedianya lapangan parkir yang cukup luas di lengkapi penitipan helm, Warung-warung yang disertai gajebo cukup untuk beristirahat dan makan, tempat bilas setelah kita berenang dan bermain air juga berganti pakaian, hingga ketersediaan nya tim SAR di area untuk membantu pengunjung.