Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Jenis Nasi Khas Indonesia Yang Bikin Ngiler




    Makanan Indonesia memang sangat beraneka ragam. Setiap tempat memiliki banyak sekali jenis makanan dan berbeda-beda pula cara penyajiannya, salah satu contohnya adalah nasi. Nasi adalah makanan popok orang indonesia. Oleh karena itu, terdapat macam-macam nasi yang ada di Indonesia.
    Kebanyakan orang hanya mengenal nasi yang umum seperti nasi goreng, nasi campur, nasi bungkus, dan nasi kuning. Namun ternyata masih banyak juga yang belum tahu mengenai makanan yang berbahan dasar nasi lainnya yang ada di Indonesia yang tidak kalah lezatnya dari nasi yang sudah banyak dikenal.
    Baiklah kita akan bahas satu persatu apa saja jenis nasi yang ada di indonesia kita tercinta.

    1. Nasi Bakar 



    Jenis nasi yang satu ini terbilang unik karena dimasak dengan cara dibakar. Sebelum dibakar, pertama-tama nasi dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di bara api
    Nasi bakar memiliki ciri khas dari aroma yang wangi. Karena dibakar, maka menciptakan aroma yang khas dan wangi sehingga dapat menambah kelezatan makanan ini. Tentu saja nasi bakar inipun ada berbagai macam jenis juga sesuai khas daerah yang ada di indonesia sepeti nasi Bakar Oncom khas Sunda, dan ada banyak lagi nasi bakar khas daerah nusantara lainnya.

    2. Nasi gudeg makanan khas Yogyakarta





    Nasi Gudeg dalah makanan khas yogyakarta yang terbuat dari nasi yang di dampingi dengan olahan nangka muda dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

    3. Nasi Jinggo makanan khas Bali






    Nasi Jinggo sudah menjadi ciri khas masyarakat Bali, nasi ini memiliki kesan sendiri yaitu nasi rakyat, nasi sederhana, nasi murah dan meriah, di dalamnya terdapat nasi, lauk pauk dan dibungkus daun pisang dengan porsi kecil. Sebelum krisis tahun 1997, nasi jinggo ini hanya dijual dengan harga Rp.1500. Kini harganya berkisar dari Rp.4.000-an, biasanya nasi jinggo dijual di jalan tapi ada juga yang menjadikan makanan ini sebagai upaca religius atau perayaan ulang tahun.

     4. Nasi Minyak Makanan khas Jambi




     
    Nasi Minyak merupakan masakan khas jambi. Nasi minyak dimasak dengan menggunakan minyak samin, saos tomat, dan susu. Tepatnya nasi minyak samin. Tapi populer disebut dengan nasi minyak.
    Di jambi, tidak lengkap pesta perayaan atau hajat tanpa nasi minyak dengan malbi (masakan semacam rendang sapi dengan cita rasa manis dan menggunakan kelapa sangrai), sambal nanas dan kari kambing. Konon nasi minyak tergolong masakan mewah, yang hanya disantap oleh sultan-sultan pada hari jumat setelah sholat jumat atau ketika hajat atau pesta perayaan yang lain. 


    5. Nasi Bogana
     
     
    Pernah makan nasi bogana, nasi langgi, atau pun nasi dendeng? Nah, Tegalah tempat dan asalnya. Di pagi hari banyak gerobak atau pun ibu-ibu dengan bakul yang menjual jenis nasi ini.
     
    Nah itulah jenis makanan nasi khas Indonesia yang bisa saya bahas karena masih banyak sekali makanan jenis nasi yang ada di indonesia, tidak akan cukup seharian untuk membahasnya.